Connect with us

KIDS ZONE

4 Tips Jaga Kesehatan Gigi Buah Hati

Bagian lidahnya dan lipatan-lipatan antara gusi dan pipi di mana di daerah ini tempat sembunya bakteri.

Published

on

4 Tips Jaga Kesehatan Gigi Buah Hati
Ilustrasi Kesehatan Gigi Buah Hati : Health

JulieteMagz.com – Bagi para orang tua, tentunya bahagia kala memiliki buah hati. Namun dalam mengurus anak bukanlah perkara yang mudah, terutama dalam masalah kesehatan bauh hati, salah satunya adalah kesehatan gigi. Permasalahan ini ternyata sering dilupakan oleh para orang tua, mungkin karena mereka binggung dan beranggapan tidak perlu merawat gigi ketika anak masih kecil.

Membersihkan gigi anak sedini mungkin adalah cara yang baik dilakukan, seperti halnya membersihkan dengan kain kasa dan air hangat yang matang sejak buah hati berumur enam bulan menjadi solusinya. Menurut drg. Suzanty Ariany, Sp.KGA, Selain jarangnya membersihkan gigi, kerusakan gigi yang terjadi pada balita juga bisa bermula dari pemberian susu yang tidak tepat waktu. Terlebih anak balita yang sudah mulai mengkonsumsi makanan berupa biskuit hingga makanan seperti sereal, ternyata menjadi sumber terjadinya kerusakan gigi dan juga dapat membahayakan kesehatan gigi anak.

“Bagian lidahnya dan lipatan-lipatan antara gusi dan pipi di mana di daerah ini tempat sembunya bakteri. Kotoran dimulut bayi bisa disebabkan dari beberapa sumber dan yang paling berpengaruh itu adalah pemberian susu ASI maupun susu formula pada bayi. Susu yang diberikan pada malam hari merupakan salah satu penyebab gigi berlubang atau carries pada gigi, di mana susu yang diberikan hanya menggenang dimulut anak saat malam hari dan itu menyebabkan bakteri berkembang,” terangnya.

Drg. Suzanty Ariany, Sp.KGA,. Memberikan tips agar kesehatan gigi anak tetap baik :

1. Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Manis.

Seperti yang kita ketahui, anak-anak pada umumnya lebih senang mengigit, menghisap dan minum yang memiliki rasa, ketimbang air putih. Hal ini yang perlu menjadi catatan bagi para orang tua, di mana harus memberikan batasan pada anak saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang menggunakan perasa manis.

2. Atur Jadwal Makan Anak.

Bagi anda yang memiliki balita, terutama yang sedang aktif tentunya akan lebih banyak mengeluarkan engergi. Hal ini membuat si anak melahap makanan yang anda sediakan, untuk membuatnya lebih sehat berikan makanan pada jam yang tepat untuk makan, sekalipun kurang berikan cemilan sehari 2 kali, tentunya dengan cemilan yang sehat dan tetap berguna bagi pertumbuhan anak. Dan juga biasakan anak untuk mengunyah makanan yang ia makan, guna perkembangan gigi si anak.

3. Rutin Mengosok Gigi 2 Kali Sehari.

Membersikan gigi saat anak sudah berusia enam bulan dengan sikat gigi yang lembut akan membantu kesehatan gigi anak anda tetap terjaga kesehatanya. Terlebih bagi anak yang sudah bisa memakan-makanan yang dimakan oleh orang dewasa, membiasakan mengosok gigi dua kali sehari pagi dan malam hari akan membuat kesehatan gigi anak selalu terjaga dan sisah makanan yang tertinggal pada sela-sela gigi tidak akan menyebakan bakteri berkembang biak.

4. Rutin Memeriksa Ke Dokter Gigi.

Membisakan anak pergi kedokter gigi saat berumur satu tahun lebih, akan menjaga kesehatan gigi pada anak, terlebih masalah-masalah gigi dapat ditangani sejak dini oleh sang dokter. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + six =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved