Connect with us

BODY & SOUL

5 Cara Ampuh Hilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Avatar

Published

on

Ilustrasi Bau Mulut. FOTO : imagecoid

JulieteMagz.com – Bulan Ramadhan, bagi mayoritas umat muslim di dunia bulan ini adalah bulan yang suci dan menjadi bulan yang terbilang special bagi umat muslim untuk wajib menjalankan ibadah berpuasa selama kurang lebih tiga puluh hari.

Namun ketika menjalankan ibadah puasa banyak orang yang mengeluhkan akan bau mulut, tapi bukan berarti permasalahan satu ini menyurutkan kita untuk menjalankan ibadah berpuasa ya.

Menurut beberapa pakar kesehatan dikaranakan keringnya mulut saat menjalankan ibadah puasa seharian. Hal ini menjadi penyebab kelenjar pada organ mulut tidak mampu untuk mereproduksi air liur pada jumlah yang cukup bagi kesegaran mulut.

Permasalahan bau mulut yang sering timbul saat menjalankan ibadah puasa, tentunya bukan penghalang kita untuk menjalankan ibadah, bersih dan sehat. Berikut beberapa tips bagi anda untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa :

1.Lebih Sering Mengosok Gigi.

Menghilangkan bau mulut, bisa dilakukan dengan rajin mengosok gigi, tapi saat menjalan ibadah puasa cobalah untuk menambah kebiasaan mengosok gigi, yang biasa 2 kali sehari coba lakukan 3 kali sehari. Bangun tidur, sahur dan berbuka, terutama setelah makan sahur. Sisa makanan yang ada pada mulut merupakan salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Untuk itu pastikan mengosok gigi dengan baik setelah makan sahur agar tidak ada lagi sisa makanan yang tertinggal.

2.Makan-Makanan yang Mengandung Vitamin C.

Untuk mengatasi masalah bau mulut saat menjalankan ibadah puasa, salah satu hal yang sebaiknya perlu dicoba adalah banyak mengkonsumsi buah yang banyak menandung vitamin C. Misalnya jeruk ataupun strawberry, di mana vitamin C mampu menangkal timbulnya bakeri pada mulut, terlebih bagi yang memiliki luka pada mulut, seperti sariawan ataupun gusi berdarah.

3.Minum Teh Saat Berbuka.

Ketika berbuka puasa dengan minuman yang hangat, tentunya akan membuat badan lebih nyaman setalah menjalankan puasa seharian, tidak ada salahnya sedikit memberikan sedikit teh pada minuman berbuka. Konon teh merah ataupun teh hijau memiliki khasiat untuk menghilangkan bau mulut, hal ini karena kandungan ataupun zat antioksidan yang dimiliki teh mampu membunuh timbulnya bakteri yang menyebabkan bau pada mulut.

4.Konsumsi Air Putih.

Minum banyak menjelang waktu imsak ternyata selain membantu tubuh mendapatkan cairan yang cukup ketika menjalankan ibadah puasa, ternyata dapat membantu bau mulut tidak terlalu menyengat. Di mana fungsi air yang kita minum akan meningkatkan produksi saliva di dalam mulut, sehingga bau pada mulut tetap terjaga dengan baik.

5.Hindari Makanan Yang Mengandung Bau.

Selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya coba menghindari makanan yang menimbulkan bau mulut, salah satunya bawang. Karena bawang akan menimbulkan bau pada mulut semakin tidak sedap, terlebih kandungan zat dalam bawang akan membuat asam pada mulut bertambah. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 15 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved