Connect with us

BODY & SOUL

5 Cara Ampuh Jauhkan Penyakit Meningitis

Radang selaput otak (meningitis) termasuk penyakit dapat menimbulkan efek yang berbahaya.

Published

on

5 Cara Ampuh Jauhkan Penyakit Meningitis
Ilustrasi Wanita Sakit Kepala. FOTO : rk.

JulieteMagz.com – Meningitis, Penyakit yang menyerang pada selaput otak dan bagian syaraf tulang belakang, yang disebabkan adanya virus atau bakteri yang masuk ke dalam aliran darah menuju otak kepala.

Penyakit yang biasa disebut dengan radang selaput otak (meningitis) termasuk penyakit dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi penderitanya, terlebih penyakit meningitis dapat menyebabkan cacat permanen bagi si penderita, hingga berujung pada kematian. Penyakit meningitis tidak hanya menyerang orang yang sudah dewasa, namun juga dapat menyerang balita ataupun buah hati yang baru saja dilahirkan.

Penularan penyakit meningitis terbilang mudah, salah satu penularannya disebabkan udara yang kita hirup dan kebiasaan yang kurang sehat. Seperti bersin, tertawa dan makan yang biasa kita konsumsi sehari-hari pun dapat sebagai penyebab bakteri berkembang.

Gejala penyakit meningitis juga bermacam-macam, bisa dari demam tinggi, pusing yang terlalu, tidak nafsu makan, mual hingga muntah dan sering merasa kaku pada leher. Namun tentunya semua penyakit dapat kita hindari sebelum terjangkit pada tubuh kita, salah satunya dengan membiasakan hidup sehat.

Berikut beberapa cara agar tubuh kita tidak terserang penyakit meningitis :

1.Biasakan Cuci Tangan.

Salah satu tempat berkembangnya bakteri dan virus adalah pada bagian tangan, dengan membiasakan mencuci tangan sebelum makan dan setelah beraktifitas, terbilang menjaukan bakteri masuk ke dalam tubuh.

2.Menjaga Kebersihan.

Membersihkan rumah secara rutin, menjadi salah satu cara agar anggota keluarga terhindar dari penyakit meningitis. Karena, bakteri dan virus dapat berkembang dan udara yang kita hirup bersama anggota tentunya akan baik bila dalam keadaan bersih.

3.Konsumsi Makanan Bergizi.

Cara yang terbilang mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mengkonsumi makanan yang baik bagi tubuh. Karena dengan mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan. Membantu daya tahan tubuh bertambah, sehingga virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat berkembang biak dan tubuh anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

4.Hindari Penggunaan Alat Bersama-sama.

Virus atau bakteri meningitis bisa disebabkan oleh kebiasaa menggunakan benda secara bersama-sama, misalnya hindari penggunaan gelas bersama teman anda. Karena virus bakteri dapat ditularkan dengan air liur seseorang disekitar kita.

5.Istirahat Cukup.

Jangan remehkan waktu beristirahat, karena cukup istirahat mampu membantu mereproduksi imunitas dalam tubuh agar tetap baik, dengan begitu tubuh pun akan siap dan kuat menghancurkan virus dan bakteri yang menyerang. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved