Connect with us

KIDS ZONE

5 Cara Penanganan Saat Buah Hati Demam

Sebetulnya ketika anak sedang demam tidak perlu disuntik.

Published

on

5 Cara Penanganan Saat Buah Hati Demam
Ilustrasi Buah Hati Demam. FOTO : Image,id

JulieteMagz.com – Ketika anak tiba-tiba jatuh sakit, tentunya sebagai orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik agar si anak cepat sembuh. Membawa ke dokter ataupun memberikan obat, adalah salah satu cara utama yang dilakukan orang tua bagi kesehatan buah hatinya. Guna menjaga sewaktu-waktu anak demam, banyak orang tua menyediakan obat dirumah, tetapi apakah obat yang diberikan aman bagi buah hati.

Tidak banyak rumah sakit ataupun dokter yang memberikan suntikan anak untuk menurunkan demam pada pasien anak-anak. Dr. Attil Attila Dewanti, SpA,  menjelaskan, suntikan yang diberikan pada anak dalam kondisi demam tinggi tidak menyebakan polio yang berdampak pada kelumpuhan.

“Namun jika dalam suhu badan anak tinggi dan demam anak atau pasien tersebut disuntik, dapat menyebabkan anak tersebut kejang-kejang. Kejang yang terjadi pada saat demam tinggi biasanya merupakan kejang yang dikarenakan demam, atau biasa disebut istilah (KD) kejang demam adalah kejang yang terjadi pada kenaikan suhu tubuh diatas 380C. dimana kenaikan suhu tubuh tersebut disebabkan oleh proses ekstrakranial,” jelas dr Attila.

Sebetulnya ketika anak sedang demam tidak perlu disuntik. Tindakan ijeksi atau suntik hanya diperlukan pada keadaan tertentu, misalnya keturunan kesadaran pada anak atau obat yang akan diberikan tidak bisa masuk, sehingga perlu disuntikan.

“Memang ada beberapa jenis obat yang tidak dapat diminum, jadi obat harus dimasukan dengan cara injeksi atau disuntikan. Namun sekarang ada juga obat yang dimasukan melalui anus dan adajuga yang berbentuk uap, jadi ada juga indikasi untuk memberikan obat secara suntikan, tetapi rata-rata tidak perlu, terkecuali dalam keadaan darutat,” terang dr. Attila

Ditambahkan oleh dr. Attila, “Jika anak demam dan tidak tahu penyebabnya apa, hal pertama yang harus dilakukan adalah beri kompres pada anak dan juga berikan asupan air minum pada anak yang banyak, karena banyak minum air putih dapat membantu menurunkan demam anak.”

Berikut beberapa cara yang perlu dilakukan ketika buah hati demam :

1.Pantau suhu tubuh buah hati anda secara berkala dengan thermometer khusus anak, kurang lebih 15 hingga 30 menit sekali.

2.Saat demam anak condong kekurangan cairan di dalam tubuhnya. Untuk mencegah dehidrasi, berikan asupan air putih atau susu pada anak yang cukup.

3.Kompres anak dengan air hangat, terutama bila suhu anak sudah mencapi 380C. Peletakan kompres bisa diletakan pada dahi, perut, ketiak dan lipatan paha. Kompresan yang menggunakan air hangat berfungsi membuat pembulu darah tepi di kulit melebar dan membuka pori-pori tubuh, sehingga lebih cepat terjadi penguapan dan membuat demam menurun.

4.Kenakan anak anda baju yang tipis, hindari membukus anak dengan kain atau selimut. Usahakan agar si anak berada diruangan yang nyaman, siklus udara yang baik dan tidak pengap.

5.Skin to skin contact (kontak kulit). Para orang tua dapat melakukan hal ini dengan cara melepaskan pakaian anak dan menempelkan pada bagian dada orang tua, setelah itu dekap anak anda, bila perlu selimuti tubuh anda dengan kain yang tidak tebal. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved