Connect with us

BODY & SOUL

5 Manfaat Sehat Konsumsi Sagu

Avatar

Published

on

5 Manfaat Sehat Konsumsi Sagu
Sagu. FOTO : italiafood

JulieteMagz.com – Bagi masyarakat bagian Timur Indonesia, mengkonsumsi sagu dalam kehidupan sehari-hari adalah hal biasa dan bahkan menjadi salah satu makanan pokok penganti nasi. Namun siapa sangka sagu yang sering dikonsumsi di daerah Maluku dan Papua ini memiliki khasiat yang baik bagi tubuh

 Sagu terbilang makanan pokok yang mengandung karbohidrat yang cukup bagi manusia, terlebih tidak memiliki kadar gula yang berbahaya bagi kesehatan. Banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi sagu sama dengan mengkonsumsi makanan yang berbahan beras merah, jagung, ubi jalar, gandum dan lain-lain.

Lantas apa saja manfaat sagu bagi kesehatan manusia, berikut ini diantaranya :

1.Sumber Tenaga dan Energi.

Kandungan karbohidrat yang ada pada sagu menjadi salah satu pilihan yang baik guna menunjang asupan makanan bagi tubuh manusia, sehingga dapat membantu mengembalikan tenaga atau energi pada tubuh setelah melakukan perkerjaan, olahraga dan lain-lain. Sagu membantu mengingkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuh.

2.Membuat Badan Ideal.

Bagi kamu yang berencana diet, sagu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memperoleh berat badan yang kamu inginkan. Kadar gula yang lebih sedikit ketimbangan makanan lain, sagu mengandung karbohidrat lebih tinggi dari nasi, sehingga tetap baik menjaga energi pada tubuh.

Terlebih kandungan zat mineral fosfor dan serat pada sagu akan membuat rasa lapar lebih lama dari pada mengkonsumsi nasi.

3.Mencegah Kanker Usus.

Rutin mengkonsumsi sagu secara baik ternyata membantu tubuh terserang dari kanker usus. Hal ini dikarenakan sari pati sagu mempunyai sifat resisten terhadap enzim dan mikrobia, ini karena tidak tercerana oleh usus halus, melainkan difermentasi oleh bakteri di kolon.

4.Terhindar Darah Tinggi.

Bagi para ahli berpendapat sagu memiliki kandungan serat dan mineral fosfor yang mampu menstabilkan kadar glukosa yang ada pada gula dalam darah. Terlebih kandungan serat dalam sagu mampu menghambat peningkatan glukosa yang terjadi dalam darah, sehingga glukosa tidak membentuk Kristal yang menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah.

5.Menjaga Jantung Tetap Sehat.

Manfaat lain mengkonsumsi sagu adalah mampu menjaga kesehatan jantung bagi mereka yang mengkonsumsinya. Meminimalisir penggumpalan darah (thrombosis), yang menyebabkan aliran darah tidak lancar dan menyebabkan serangan jantung, terjadinya serangan struk, hingga kematian. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 5 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved