Connect with us

BODY & SOUL

5 Peran Kunyit Bagi Kesehatan Manusia

Avatar

Published

on

5 Peran Kunyit Bagi Kesehatan Manusia
Kunyit. FOTO : photoid

JulieteMagz.com – Kekayaan alam Indonesia memang menjadi nilai plus tersendiri, SDA yang melimpah membuat beberapa hasilnya bermanfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya kunyit.

Ya rempah yang umumnya digunakan sebagai bumbu makanan ini memang memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh manusia, hal ini dikarenakan kunyit memiliki zat arabinosa, fruktosa, glukosa, mineral seperti magnesium besi, kalsium, minyak atsiri 2 hingga 5 persen.

Lalu apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan kita, berikut ini diantaranya :

1.Menjauhkan Dari Pikun.

Beberapa hasil penelitian, kunyit dapat meningkatkan ingatan seseorang hingga 30 persen. Selain itu mampu mengurangi rasa depresi. Kandungan sipumin yang ada pada warna kunyit dipercaya dapat memperbaiki ingatan dan meningkatkan kesehatan mental, karena memiliki sifat anti peradangan.

2.Menghambat Kanker.

Sejumlah penelitian prihal kunyit memang sudah banyak sekali dilakukan oleh para ahli kedokteran, hasilnya kandungan kurkumin yang ada pada kunyit menjadi salah satu penghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia.

3.Meredakan Rasa Sakit Karena Datang Bulan.

Salah satu manfaat kunyit bagi wanita adalah mengurangi rasa sakit saat datang bulan. Kunyit mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesic (meredakan nyeri), antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam) dan juga antiradang.

4.Baik Bagi Penderita Diabetes.

Bagi seseorang yang menyidap diabetes, rutin mengkonsumsi kunyit ternyata baik bagi tubuh. Beberapa penelitian mengatakan kunyit mampu menurunkan gula darah pada penderita diabetes, kadnungan antiinflamasi yang dimiliki kunyit adalah salah satu kandungan yang berfungsi penting untuk menormalkan gula darah.

5.Menjaga Kesehatan Jantung.

Kandungan zat yang ada pada sebuah kunyit memang bermcam-macam, mulai dari vitamin, mineral seperti potassium dan zat besi, mampu membangun sel darah pada tubuh manusia. Terlebih kalium dipercaya mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal, sehingga meningkatkan kesehatan jantung manusia. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − seven =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved