Connect with us

BODY & SOUL

5 Tips Andal Jauhkan Dari Kepikunan

Pikun atau sering lupa ini dikarenakan plak-plak yang ada pada saraf otak, sehingga membuat sel-sel pada otak seseorang menurun.

Published

on

Tips Jauhkan Pikun
Ilustrasi Foto Pikun. FOTO : md.com

JulieteMagz.com – Pikun atau sering lupa akan sesuatu hal biasanya sering dialami oleh seseorang pada usia lanjut, diumur 50 tahun ke atas. Namun penyakit ini tidak lagi sering menyerang para mereka yang telah lanjut usia, banyak juga seseorang yang masih terbilang muda mengalami penyakit satu ini. Banyak penyebab penyakit ini menyerang mereka yang masih terbilang muda, salah satunya haya hidup yang kurang baik.

Menurut beberapa penelitian, pikun atau sering lupa ini dikarenakan plak-plak yang ada pada saraf otak, sehingga membuat sel-sel pada otak seseorang menurun. Namun bagi anda yang sudah mengalami pikun diusia muda ataupun ingin mencegah agar tidak pikun. Berikut beberapa tips, agar daya ingat anda selalu tajam :

1. Membiasakan Meambaca dan Menulis.

Kegiatan yang melatih dan menstimulasi sel-sel saraf otak ini dipercaya ampuh untuk menjaga kemapuan kognitif pada diri seseorang, sehingga akan jauh dari penyakit pikun.

2. Berolahraga.

Melakukan olahraga secara rutin ternyata dipercaya mampu membuat seseorang terhindar dari penyakit pikun. Hal ini disebabkan peredaran darah pada tubuh dan mengalir ke otak aakan baik, sehingga kebutuhan otak terhadap oksigen mampu terpenuhi dengan baik.

3. Konsumsi Cabai.

Jenis makanan yang sering dikonsumsi banyak orang ini ternyata mampu menjaga ketaman pada otak. Kandungan capsaicin, senyawa yang dapat meredakan nyeri dan menghancurkan lemak dalam tubun ini, berfungsi membuat saraf-saraf pada tubuh dan otak menjadi lebih tenang, selain itu mampu memproduksi hormone endorfin secara berlebih sehingga meningkatkan daya konsentrasi pada otak.

4. Cukup Tidur.

Mengistirahatkan otak adalah salah satu cara agar anda terhindar dari pikun, dengan tidur yang cukup akan meregenerasikan sel-sel pada otak, sehingga saat anda bangun tidur anda akan merasa fresh dan segar kembali.

5. Mandi dan Keramas Pagi Hari.

Selain menyehatkan kondisi badan, mandi pagi setelah tidur malam dipercaya mampu membuat seseorang terhindar dari pikun. Namun tentunya dengan tidur yang baik, sesudah tidur kurang lebih 8-9 jam, pada saat bangun, tepatnya sebelum matahari muncul adalah waktu yang baik untuk anda keramas. Adapun manfaatnya adalah membangunkan sel-sel dan saraf pada otak kepala yang telah melemah. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + sixteen =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved