Connect with us

BODY & SOUL

5 Tips Jaga Kesehatan di Cuaca Tidak Menentu

Saat musim hujan datang penyakit yang umum menyerang tubuh, diantaranya flu, batuk, diare dan bahkan penyakit yang terbilang berbahaya adalah DBD (demam berdarah).

Published

on

Kesehatan
Ilustarasi. FOTO : endorten

JulieteMagz.com – Beberapa waktu ini siklus cuaca di Indonesia terbilang tidak bisa diprediksi dengan hitungan bulan, waktu ataupun musim. Ketidakjelasan cuaca setiap harinya, seperti panas, hujan sedang, hingga hujan deras, membuat tubuh seseorang rentan terkena segala jenis penyakit. Selain dari cuaca, tanpa kita sadari kondisi lingkungan di sekitar rumah kita akan juga berdampak tidak baik bagi tubuh.

Saat musim hujan datang penyakit yang umum menyerang tubuh, diantaranya flu, batuk, diare dan bahkan penyakit yang terbilang berbahaya adalah DBD (demam berdarah). Saat kondisi seperti ini diperlukan adanya penanganan khusus bagi kesehatan tubuh, salah satunya dengan menjaga kesehatan lingkungan dan juga kesehatan tubuh, agar selalu sehat. Lantas bagaiman cara menjaga kondisi badan agar tetap sehat, berikut beberapa tips agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

1. Menjaga Pola Makan.

Mengkonsumsi makanan yang bergiji dan sehat, adalah salah satu hal yang perlu anda lakukan demi menjaga konsidisi tubuh anda selalu bugar. Cobalah mengkonsumsi sayuran setidaknya satu hingga dua kali sehari saat anda makan, asupan sayuran yang anda konsumsi di dalam tubuh ternyata dipercaya mampu memperkuat antibody dalam tubuh anda.

2. Istirahat yang Cukup.

Layaknya sebuah batrai, tubuh manusia juga memerlukan waktu istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh, terlebih setelah seharian melakukan aktivitas yang cukup berat. Selain menjadikan tubuh sehat, istirahat membuat anda sejenak melupakan permasalahan yang terjadi, karena permasalahan yang dialami seseorang akan menimbulkan stress dan terlebih cuaca tidak menentu, hal ini membuat kondisi tubuh rentan akan terserang penyakit.

3. Membersihkan Tubuh Setelah Keluar Rumah.

Tangan konon sebagai salah satu tempat bersarangnya sumber penyakit manusia, terlebih bisa telah seharian melakukan aktivitas, tanpa kita sadari kuman dan virus akan menempel pada sela-sela tangan kita. Hal ini diperlukan kesadaran individu untuk mencuci tangan setelah beraktivitas. Terutama bagi anda yang memiliki anak kecil, cobalah sesampai rumah untuk mencuci tangan anda dengan sabun tangan hingga merata, agar diri anda dan orang terdekat anda terhindar dari penyakit yang berbahaya.

4. Konsumsi Vitamin.

Mengkonsumsi vitamin tidak harus dari multivitamin, vitamin yang baik adalah dari yang alami. Terutama saat cuaca hujan, asupan vitamin C terbilang diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh atau membantu fungsi sistem imun tetap stabil. Banyak sekali buah yang mengandung vitamin C, diantaranya jeruk, jambu biji, kiwi danmasih banyak lagi yang lain.

5. Konsumsi Air Putih.

Disaat kondisi hujan, umumnya seseorang tidak sadar bahwa dirinya sudah tidak mengkonsumsi air cukup lama, hal ini disebabkan udara yang dingin saat hujan membuat rasa haus seseorang jarang sekali terjadi. Namun tahukah anda bahwa saat udara dingin, tubuh sama saja memerlukan asupan cairan guna menjaga daya tahan tubuh tetap maksimal. Konsumsi air putih kurang lebih 2 liter per hari, menjaga tubuh anda selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved