Connect with us

KIDS ZONE

7 Cara Pencegahan Shaken Baby Syndrome Pada Buah Hati

Shaken baby syndrome, di mana hal tersebut kekerasan yang terjadi pada anak akibatkan oleh gerakan atau guncangan yang keras.

Published

on

Shake Baby Syndrome
Foto Ilustrasi Anak Menangis. Foto : brysonstot10

JulieteMagz.com – Masa-masa tumbuh kembang anak memang menjadi sebuah moment berharga bagi para orangtua, lucu, mengemaskan dan mulai bisa diajak berinteraksi adalah beberapa contoh tumbuh kembang anak baik.

Tetapi moment kebahagian tersebut pasti ada moment di mana anak menangis sehingga orangtua harus menghentikan tangisan tersebut. Mengendong dan bahkan mengayun-ayun menjadi salah satu cara yang sering dilakukan.

Namun siapa sangka cara menenangkan bayi dengan cara mengayun-ayun dan mengoyang tubuh anak menjadi hal yang berbahaya bagi buah hati Anda. Pengetahuan Shaken baby syndrome, di mana hal tersebut kekerasan yang terjadi pada anak. Menurut dr. H. Hindra Irawan Satari Sp.A (K) Biasanya pada bayi yang diakibatkan oleh gerakan atau guncangan yang keras.

“Pada anak yang berusia 0 sampai 3 tahun, karena pada masa itu otot leher anak belum kuat, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah diotak dan dapat mengakibatkan kerusakan pada saraf si anak,” jelas dr. H. Hindra Irawan Satari Sp.A (K).

Demi menjaga sang buah hati terhindar dari Shaken baby syndrome dr. H. Hindra Irawan Satari Sp.A (K) menyarankan untuk tidak melakukan gerakan yang berujung Shaken baby syndrome pada. Seperti melempar keudara, mengayun terlalu keras dan lain-lain.

Adapun cara pencegahan orangtua agar anak tidak terkena Shaken baby syndrome :

1. Jangan pernah mengguncang bayi dibawah umur 3 tahun, dengan alasan apapun juga.

2. Saat menggendong bayi jangan lupa untuk selalu menyangga kepala bayi dengan tangan.

3. Menghidari memegang bayi selama berargumen.

4. Hindari disiplinkan atau menenangkan bayi ketika orang tua sedang marah.

5. Beritahukan pentingnya perlindungan kepala bayi kepada baby sitter atau pengasuh bayi.

6. Pastikan semua orang yang dekat dan sering menggedong bayi anda tahu benar bahaya seorang bayi jika diguncang–guncang atau digoyang.

7. Jika sengaja atau tidak sengaja menguncang–guncang bayi segera bawa bayi kedokter untuk diperiksa. Pendarahan didalam otak dapat diobati jika orang tau memberitahukan kepada dokter bahwa sang bayi baru saja mendapatkan guncangan. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved