Connect with us

KIDS ZONE

9 Cara Atasi Biang Keringat Pada Buah Hati

Biang keringat yang sering dilami oleh bayi dan anak-anak biasanya dibagian tubuh leher, dada, punggung dan dahi.

Published

on

9 Cara Atasi Biang Keringat Pada Buah Hati
Ilustrasi Buah Hati. FOTO : pernenat

JulieteMagz.com – Mendengar tanggisan buah hati yang sedang rewel, tentunya membuat kita sebagai orangtua merasa binggung akan apa yang dikeluhkan oleh sang anak. Terlebih buah hati yang belum mampu berbicara yang hanya bisa menangis karena sesuatu hal. Termasuk penyakit yang disebabkan oleh keringat ini, ya biang keringat.

Tidak nyaman karena rasa gatal dan timbul bintik-bintik pada kulit bayi yang disebabkan biang keringat tentunya membuat buah hati kita akan menangis. Biang keringat yang sering dilami oleh bayi dan anak-anak ini biasanya sering terjadi pada bagian tubuh penderitanya pada bagian leher, dada, punggung dan dahi. Dimana bagian tersebut adalah sumber keringat yang sering terjadi karena suhu panas dan lembab.

Menurut dr. Tatang Puspanjono SpA dari RS, untuk menghindari terjadinya biang keringat pada kulit bayi mungkin ini bisa menjadi catatan bagi orang tua. Coba untuk tidak memakaikan pakaian yang tebal dan pakai pakaian yang cukup longgar pada anak.

“Menjaga kebersihan dan lingkungannya adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya biang keringat menyerang tubuh anak. Mandi dua kali sehari atau sering menganti pakaian anak jika sudah basah karena keringat, itu semua adalah salah satu cara yang terbilang efektif dan mudah untuk menghindari anak dari biang keringat,” terangnya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi biang keringat yang terjadi pada kulit bayi dan anak anda :

1. Gunakan VCO (Virgin Coconut Oil).

2. Gunakan Minyak Telon (pilih yang kandungan minyak kelapa 60%, agar tidak terlalu panas pada kulit bayi yang akan berakibat terbakarnya kulit).

3. Bedak Salicyl (bisa dicampur dengan air seperti bedak dingin).

4. Bedak Tabur.

5. Kenyaman lingkungan di sekitar bayi. Misalnya, kamarnya bersih, tidak panas dan tidak lembab, serta memiliki sirkulasi udara yang baik tentunya akan menjauhkan biang keringat menyerang kulit buah hati.

6. Memakaian baju yang terbuat dari jenis-jenis bahan yang mudah menyerap keringat, lembut, dan tidak terlalu ketat.

7. Setiap kali berkeringat, segera usap dengan menggunakan waslap basah yang dicampur sabun mandi khusus anak, lalu keringkan dengan handuk lembut. Jika perlu, ganti bajunya yang basah dengan baju yang kering dan bersih.

8. Selalu menjaga kebersihan tubuh bayi sepanjang hari dengan cara memandikannya, dua kali sehari.

9. Tidak mengoleskan baby oil, baby lotion atau baby cream pada sekujur tubuhnya sepanjang waktu, bilapun sering menggunakan usahakan tidak terlalu banyak atau tebal. Gunakanlah produk tersebut sesuai kebutuhan saja. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved