Connect with us

WOMEN ZONE

Bahaya dan Pencegahan Persalinan Prematur

Tentunya kelahiran prematur dapat dicegah oleh sang ibu, langkah utama yang bisa dilakukan adalah selalu melakukan control ANC.

Published

on

prematur
Ilustrasi Terlahir Prematur. FOTO : Hellosehat

JulieteMagz.com – Masa saat wanita sedang dalam kehamilan adalah saat – saat dimana seorang wanita merasakan kebahagian yang luar biasa, karena Tuhan telah memperacayakan seorang janin untuk tumbuh didalam rahim wanita tersebut.

Mengandung selama 9 bulan dan akhirnya melalui proses persalinan yang lancar hingga memiliki anak yang sehat dan besar merupakan impian setiap ibu. Tapi bagaimana bila sang anak tidak dilahirkan sebelum 9 bulan atau sering disebut prematur.

Tentunya bahaya yang terjadi pada persalina prematur adalah sang buah hati yang merasakan dampaknya. Hal ini dibenarakan oleh dr. Febriansyah SpOG, dijelaskan olehnya yang bayi prematur yang lahir dengan berat badan dibawah 2500 gram memiliki paru–paru yang kecil dan belum matang.

“Apalagi bila sang anak dilahirkan kurang dari 34 minggu di mana pemebentukan paru–paru belum sempurna karena pembentukan paru pada anak yang sempurna itu setelah lewat dari 34 minggu. Hal yang dapat terjadi pada sang buah hati seperti sesak nafas sehingga dibantu dnegan alat pernafasan dan juga suhu tubuh sang anak yang tidak stabil dan biasanya dibantu dengan incubator,” terangnya.

Namun tentunya kelahiran prematur dapat dicegah oleh sang ibu, langkah utama yang bisa dilakukan adalah selalu melakukan control ANC (Anta Natal Care) yaitu memeriksakan kehamilan oleh dokter, Konsultasikan dengan dokter biasanya di atas 28 minggu.

“Pastikan kondisi kehamilan dalam keadaan yang baik dengan kata lain harus terkontrol perkembangan janinnya, dan bagi ibu yang memiliki riwayat penyakit seperti darah tinggi dan gula maka harus control dengan baik sehingga dapat mencegah melahirkan pada usia yang belum cukup. Konsumsi air putih yang banyak supaya urin tidak terlalu pekat dan faktor lain tidak bisa dideteksi yang harus melalui pemeriksaan medis,” ungkap dr. Febriansyah. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + seven =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved