Connect with us

BODY & SOUL

Bahaya Konsumsi Obat Diet Guna Dapatkan Tubuh Ideal

Avatar

Published

on

Bahaya Konsumsi Obat Diet Guna Dapatkan Tubuh Ideal
Ilustrasi Obat Diet. FOTO : harvard health

JulieteMagz.com – Memiliki berat badan ideal menjadi salah satu dambaan untuk menunjang penampilan seseorang, namun umumnya seseorang berpikir berat badan ideal hanya dilihat melalui tubuh yang tidak terlalu besar dan berat badan yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Menurut dr. Laila Hayati, SpGK cara menghitung berat badan yang ideal yang umum itu dilihat dari tinggi tubuh dan umur orang tersebut.

“Kalau secara umum berat badan ideal itu di hitung, tinggi badan dikurangi 100 hasilnya itu dikurangi 10%, nah yang dikurangi 10% itu bagi usia dibawah 40 tahun, tapi jika usianya diatas 40 tahun tidak lagi dikurangi 10%. Contohnya klo tinggi 160 cm usia 45 tahun berarti berat badan idealnya 60 kg. tapi klo usianya dibawah 40 tahun 60 itu dikurangi lagi 10% jadi sekitar 54 kg. itu cara mudah menghitung berat badan ideal.”

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dengan cara cepat dan praktis, terlebih bagi seseorang yang memiliki badan yang terbilang gemuk, cara yang sering dilakukan adalah mengkonsumsi obat-obatan penurut berat badan. Akibatnya seseorang yang mengkonsumsi obat tersebut buang-buang air dan tidak bernafsu untuk makan.

Bagi dr. Laila cara praktis tersebut salah dan tidak mengenai target yang ingin dituju. “Obat-obat yang ada dipasaran itu hanya bersifat diuretik, yaitu bila kita konsumsi maka cairan tubuh kita akan berkurang, bisa lewat keringat, buah air kecil dan besar. Misalnya sehabis kita minum obat kita jadi diare, padahal yang harus dikurangi adalah lemak bukan cairan yang dikurangi”.

Ditambahkan, memang secara umum berat badan akan turun karena cairanya tubuh hilang, tetapi dalam 2-3 hari masuk lagi cairan tersebut bila kita tidak konsumsi obat jadi percuma. “Jadi harus hati-hati sekali dengan obat penurun berat badan yang ingin kita konsumsi, terlebih akan membuat kita sering berkeringat, buah air kecil dan besar. Karena efek negatifnya akan berdampak pada organ tubuh kita, seperti dehidrasi, gagal ginjal dan lain-lain,” jelas dr. Laila Hayati, SpGK. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − one =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved