Connect with us

KIDS ZONE

Benarkah Orang Tua Penentu Prestasi Buah Hati.???

Avatar

Published

on

Benarkah Orang Tua Penentu Prestasi Buah Hati.???
Ilustasi Buah Hati Bersama Orang Tua. FOTO : nfrs.org

JulieteMagz.com – Di-era globalisasi saat ini kesibukan di luar rumah (bekerja) tidak hanya ditunjukan bagi para kaum pria, namun juga berlaku bagi mereka kaum wanita. Ya beralih-alih untuk membantu keuangan keluarga, para ibu saat ini terbilang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus buah hati mereka, terlebih tentang presatasi anak.

Untuk menunjang prestasi anak agar tetap baik, tentunya diperlukan kerjasama dan komunikasi yang baik antara anak, orang tua dan juga wali murid saat si anak berada disekolah.

Menjalin komunikasi yang baik antara orang tua dan wali murid saat anak berada disekolah, biasanya sekolah menyiapkan sebuah buku penilaian atau buku prestasi bagi setiap murid saat disekolah, dengan begitu orang tua bisa menilai sendiri prestasi dan perkembangan anak mereka.

“Sebetulnya seberapa sibuk orang tua saat berkerja, namun masih bisa meluangkan waktu bagi anak setelah berkerja saja sangat baik, misalnya membantu anak dalam menyelesaikan tugas rumah, hal tersebut memang biasa namun dapat meningkatkan hubungan yang berkualitas antara anak dan orang tua,” terang Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi.

Tentunya sebagai manusia bisa masing-masing anak memiliki kelebihan dan kekurangan, salah satu contoh melihat kekurangan pada anak saat disekolah adalah hasil nilai yang baik pada pelajaran-pelajaran tertentu. Hal ini menunjukan bahwa si anak membutuhkan peran orang tua untuk memberikan bimbingan dan support untuk selalu berprestasi.

Menurut Vera. “Setiap anak memiliki perbedaan yang unik dan tentunya mereka memiliki kelebihan serta kekurangan, ini dapat menjadi catatan bagi orang tua dalam memposisikan diri saat berkomunikasi dengan anak, yaitu untuk tidak membanding-bandingan anak dengan teman ataupun saudaranya, yang jauh lebih pintar atau pandai.”

Ditambahkan oleh Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi. “Yang harus dilakukan oleh orang tua saat melihat kelebihan dan kekurangan anak adalah selalu memberikan pujian, baik pujian semangat ataupun memberi motivasi. Karena sifat pujian mampu memupuk dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak tersebut, selain itu secara tidak langsung pujian juga dapat meningkatkan motivasi belajar si anak pada pelajaran yang masih dianggap kurang baik.” AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − four =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved