Connect with us

KIDS ZONE

Dampak Positif dan Negatif Anak Menjadi Bintang

Komunikasi harus dilakukan antara anak dan juga orangtua, komunikasi yang dilakukan harus terbuka satu sama lain.

Published

on

Dampak Positif dan Negatif Anak Menjadi Bintang
Ilustrasi Anak. FOTO : Realonline

JulieteMagz.com – Kebahagian saat berumah tangga adalah mendapatkan buah hati, menjaga merawat dan mendidik anak agar menjadi seseorang yang berhasil kedepannya menjadi hal yang dilakukan oleh para orangtua.

Pada dasarnya seorang anak membutuhkan peran orang tua dalam hal pendidikan, tumbuh kembang dan yang paling penting anak itu harus mendapatkan perlindungan dari orang tua.

Begitu juga saat anak menjadi bintang orangtua tetap memberikan semua yang dibutuhkan oleh si anak. Selain itu komunikasi yang sangat penting, karena saat si anak menjadi bintang sedikit banyak ia mempelajari dunia luar.

Sifat anak yang masih meniru gaya orang lain disekitarnya dan ingin mencoba sesuatu hal yang belum ia ketahui, bisa menjadi dampak yang tidak baik untuk si anak kelak. Dengan adanya komunikasi yang baik maka anak akan lebih mengerti dan dapat memahami semua yang terjadi di sekitarnya.

Menurut Astrid W. E. Napitupulu, M. Psi,. Komunikasi harus dilakukan antara anak dan juga orangtua, komunikasi yang dilakukan harus terbuka satu sama lain. “Misalnya saat orangtua merasa anaknya tidak sesuai dengan lingkungan disekitarnya, oran tua wajib memberikan pengetahuan kepada si anak, sebaliknya nantinya si anak akan menceritakan semua kejadian dan apa saja yang telah dilakukanya tanpa harus orangtua bertanya kepada si anak,” pungkas Astrid W.E.N.

Berikut beberapa dampak positif dan negative yang perlu diperhatikan oleh orang tua, saat anak anda menjadi seorang bintang yang terkenal :

– Dampak Positif.

1. Mereka dapat semakin mengasah potensi yang dimiliki.

2. Dengan arahan dan bimbingan orang tua yang tepat, kepercayaan diri anak dapat meningkat, kemampuan  berkomunikasi, beradaptasi, manajemen waktu dan manajemen diri dapat terus menerus mengalami peningkatan.

3. Sesuatu yang tidak semua orang dapat. Si anak banyak interaksi social dengan orang lain dan orang yang baru dikenalnya.

4. Si anak juga akan mendapatkan stimulus-stimulus baru yang belum pernah ia dapatkan dan hal tersebut akan berdampak pada perkembangan anak.

5. Potensi diri. Ada yang diasah dalam dunia artisnya, salah satunya ia dituntut harus menghafal naskah secara cepat dan tepat.

– Dampak Negatif.

1. Hak-haknya sebagai anak dapat terabaikan, sehingga membuat kepribadian si anak tidak terbentuk dengan matang.

2. Banyak waktu si anak yang terbuang sia-sia.

3. Kurang bermain dan kurang waktu untuk bersosialisasi besama teman sebayanya.

4. Si anak tidak bisa mengembangkan daya kreatifitas mereka yang lain. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved