Hari dan Tanggal : Rabu, 17 Januari 2018
Fungsi Probiotik Ternyata Terbukti Baik Bagi Pencernaan Bayi
29 Desember 2013 | dilihat: 25976 kali | komentar: 1

Setiap ibu pasti menginginkan bayinya untuk selalu sehat dan berkembang dengan baik. Seiring dengan itu pasti seorang ibu selalu memperhatikan akan asupan bayinya mulai dari memberikan ASI eksklusif sehabis melahirkan sampai dengan memberikan susu formula agar bayi dapat membantu menjaga kesehatan dan perkembangan bayi tersebut. Gangguan kesehatan yang paling mudah menyerang bayi adalah gangguan pencernaan. Apakah probiotik pada susu formula Bermanfaat bagi kesehataan pencernaan bayi?

Merawat bayi merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan tidak terlalu sulit untuk seorang ibu lakukan, terbukti setiap ibu ingin melakukan apa saja demi sang buah hatinya. Perhatian dan ketulusan ibu telihat saat bayi yang baru saja dilahirkan, secara alamiah sang bayi mencari asupan makanannya berupa ASI kepada ibu. Beruntung bagi ibu yang mampu untuk memberikan ASI terhadap bayinya, karena keberuntungan tersebut tidak semuanya dimiliki seorang ibu. Ada beberapa ibu yang tidak mampu memberikan ASI kepada sang buah hati karena beberapa hal. Terkadang seorang ibu yang mampu memberikan ASI secara eksklusif pun masih dilanda kecemasan, apakah asupan gizi yang terkandung dalam ASI tersebut sudah baik, adanya susu formula saat ini menjadi salah satu solusi untuk membantu asupan makanan bagi sang bayi.

Beruntung bagi ibu yang mampu untuk memberikan ASI terhadap bayinya, karena keberuntungan tersebut tidak semuanya dimiliki seorang ibu. Ada beberapa ibu yang tidak mampu memberikan ASI kepada sang buah hati karena beberapa hal. Terkadang seorang ibu yang mampu memberikan ASI secara eksklusif pun masih dilanda kecemasan, apakah asupan gizi yang terkandung dalam ASI tersebut sudah baik, adanya susu formula saat ini menjadi salah satu solusi untuk membantu asupan makanan bagi sang bayi.

Susu formula, makanan tambahan bagi bayi yang paling sering digunakan oleh para ibu saat ini. Karena kandungan susu formula tersebut banyak mengandung gizi yang baik bagi kesehatan bayi. Tidak hanya gizi yang baik pada susu formula tertentu juga terdapat kandungan prebiotik dan probiotik yang dibutuhkan untuk perkembangan sang bayi. kandungan probiotik didalam susu formula adalah bakteri yang baik, apabila dikonsumsi kedalam tubuh mampu memberi manfaat kesehatan, diumpakan itu kumannya. “Prebiotik sendiri memiliki kandungan berupa karbohidrat komplek yang tidak mudah diserap sehingga dia akan turun ke usus besar dan memberikan makanan untuk kuman (probiotik) jadi prebiotik dan probiotik saling bergantungan satu sama lain”, ujar Dr. Mujal Kadim MD dari RS Medika Permata Hijau. Jakarta Barat.

Ditambahkan Dr. Mujal, bila kita berbicara tentang susu formula kita harus meniru standardnya yaitu ASI, sebenarnya bayi dibawah enam bulan tidak boleh mengkonsumsi susu formula seharusnya ASI, tapi terkadang dengan segala macam sebab kita tidak tahu si ibu tidak bisa memberikan ASI. Mungkin tidak keluar ASInya atau ibunya memang sakit, maka itu kita mengganti susu dengan susu untuk bayi berumur dibawah enam bulan, itu juga susu sudah distandarkan dengan ASI. Ada susu yang full on atau susu lanjutan. “Bayi yang berumur dibawah enam bulan itu memang harus meniru ASI sebenernya, ASI itu tidak mengandung probiotik tapi mengandung prebiotik yaitu karbohidrat komplek didalam ASI ada itu FOS sama GOS dan OS (oligosakarida) OS sama GOS (gaclakto oligosakaradia). Lain halnya pada tubuh bayi dimana ada bakteri yang merugikan dan menguntungkan apabila bakteri yang merugikan menyerang bakteri yang menguntungkan (probiotik) maka bayi akan mudah terserang diare, maka agar menyeimbangkan kandungan tersebut beberapa susu formula ada yang mengandung probiotik.”

Kegunaan Probiotik

Probiotik sendiri merupakan bakteri yang mengutungkan bagi pencernaan bayi dan probiotik memerlukan prebiotik untuk kelangsungan hidupnya sebelum probiotik dikalahkan oleh bakteri jahat yang lain. Kegunaan probiotik untuk kesehatan bayi adalah. Untuk memberikan bakteri yang sehat didalam usus agar pencernaan bayi itu menjadi baik imunitasnya lebih baik.

Selain itu kegunaan probiotik untuk kesehatan bisa untuk trimonologis mencegah infeksi dan bisa membuat suasana didalam pencernaan itu menjadi asam, sehingga kuman-kuman lain tidak bisa berkembang terutama kuman jahatnya.

Efek probiotik, probiotik sendiri adalah bakteri yang menguntungkan bagi tubuh. “Dengan kata lain probiotik susu formula tidak boleh diberikan ke bayi yang belum cukup umur, jadi misalkan dia lahir premature atau yang sakit mengakibatkan imunocompromise itu jadi keadaan imunitas dia itu tidak baik. Lalu untuk dikonsumsi jangka panjang itu juga belum disarankan, karena sampai saat ini peneliti masih meneliti apakah baik bila dikonsumsi secara jangka panjang. Tutup Dr. Mujal Kadim MD dari RS Medika Permata Hijau. l AS



Tuliskan Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
*Max : 255 Karakter
 
*Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar di atas.
 
 
 
Follow us on






Download Majalah JulietMagz
Edisi November-Desember 2016

Download gratis majalah JulieteMagz Edisi November-Desember 2016


Copyright © 2013, www.julietemagz.com