Hari dan Tanggal : Rabu, 17 Januari 2018
Point Plus Penggunaan ATM Pada Anak
10 September 2014 | dilihat: 779 kali | komentar: 0

Memberikan kepecayaan kepada anak untuk memegang kartu ATM memang terkadang memiliki resiko, entah dari tidak tahu mempergunakanya ataupun menghabiskan uang secara langsung. Hal ini ternyata menjadi permasalahan baru bagi orang tua saat mempercayakan si anak memegang kartu ATM sendiri.

Menurut Ratih Zulhaqiqi, M.Psi., psikolog dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia, penggunaan ATM kepada anak cukup baik. “Memang banyak resiko, tetapi terbilang cukup baik, karena biasanya orang tua memberikan uang jajan bagi si anak dalam bentuk hitungan mingguan atau bulanan dan itu membuat si anak belajar untuk menghitung dan mempergunakan saldo yang ia miliki sebaik-baiknya,” jelas Ratih.

Selain belajar menghitung dan mempergunakan saldo dengan baik, ternyata mempercayakan si anak untuk memegang kartu ATM sendiri memiliki nilai plus tersendiri. Karena si anak dapat bersosialisasi dengan orang yang belum dikenalnya. “Pembelajaran sejak dini kepada anak tentang menabung itu sangat baik,  karena selain menabung ia bisa bersosialisasi dengan orang lain, misalnya saat menabung ajari si anak untuk berkomunikasi dengan petugas bank, tentunya dengan didampingi orang tua,” tutup Ratih pada Julietemagz.com

Berikut beberapa tips bagi orang tua, untuk mengajarkan anak memegang kartu ATM sendiri :

  1. Jelaskan tentang prisnsip ATM, bahwa uang yang akan diambil berasal dari tabungan, sehingga jika si anak menpergunakan semua uangnya, orang tua tidak bisa memberikan uang tambahan kepada si anak, hingga batas waktu yang telah ditentukan.
  2. Jelaskan tata cara kerja mesin ATM dan aturan-aturan dasar menabung.
  3. Buat si anak untuk lenih menghargai uang yang mereka miliki, ketimbang dipergunakan untuk menghambur-hamburkan uang.
  4. Jelaskan kepada si anak uang yang mereka miliki itu telah dikumpulkan melalui kerja keras dan sebaiknya komunikasi orang tua lebih dalam, tentang pengertian dan penggunaan uang tersebut. Agung S


Tuliskan Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
*Max : 255 Karakter
 
*Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar di atas.
 
 
 
Follow us on






Download Majalah JulietMagz
Edisi November-Desember 2016

Download gratis majalah JulieteMagz Edisi November-Desember 2016


Copyright © 2013, www.julietemagz.com