Hari dan Tanggal : Rabu, 17 Januari 2018
Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Wanita
31 Juli 2017 | dilihat: 111 kali | komentar: 0

JulieteMagz.com Sama seperti jenis kanker lainnya, hingga kini penyebab pasti munculnya sel kanker di sekitar payudara belum diketahui. Namun, untuk menghindarinya kita dapat melakukan pola hidup sehat dan melakukan early detection. Jika mendengar kata kanker, pasti yang terbayang dalam benak kita adalah penyakit mematikan yang sulit disembuhkan.

Di Indonesia, bahkan di dunia jumlah penderita kanker semakin memprihatinkan. Hal ini terlihat dari data kanker yang dipublikasikan oleh pemerintah maupun lembaga non pemerintah, baik di dalam maupun di luar negeri. WHO pernah mengatakan bahwa pada tahun 2030 akan ada peningkatan penderita di Indonesia, yakni hingga tujuh kali lipat.

Kanker serviks, yang merupakan penyakit pembunuh wanita nomor satu di Indonesia, bahkan peringkatnya tepat berada di bawah kanker serviks, yaitu kanker payudara. Seperti kita ketahui, kanker payudara merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh suatu sel (kanker) yang tumbuh pada jaringan payudara. Sel tersebut biasanya muncul pada saluran atau lobula di payudara. Keberadaannya dapat menyebar di antara jaringan atau organ pada bagian tubuh lainnya.

Hingga kini faktor pemicu kanker payudara belum diketahui dengan pasti. Seperti dijelaskan dr. Bayu Brahman, Sp.B.Onk, dari Divisi Bedah Onkologi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Penyebab kanker payudara masih menjadi perdebatan.

"Penyebab genetik atau keluarga hanya 5 persen - 10 persen, serta hormon estrogen yang secara alami diproduksi oleh perempuan, lalu terjadi rangsangan sel-sel yang semrawut menjadi salah satu faktor menyebab," ujarnya.

Salah satu faktor yang berisiko menyebabkan kanker payudara adalah kebiasaan mengonsumsi alkohol. Menurutnya konsumsi alkohol dua sampai lima kali dalam sehari meningkatkan risiko hingga 1,5 kali dibanding mereka yang tidak mengonsumsi alkohol. Oleh sebab itu, sejak dini faktor resiko kanker payudara harus dikenali untuk mencegahnya. Selain itu, agar lebih cepat ditindaklanjuti, sebaiknya lakukan early detection. AS



Tuliskan Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
*Max : 255 Karakter
 
*Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar di atas.
 
 
 
Follow us on






Download Majalah JulietMagz
Edisi November-Desember 2016

Download gratis majalah JulieteMagz Edisi November-Desember 2016


Copyright © 2013, www.julietemagz.com