Hari dan Tanggal : Rabu, 17 Januari 2018
Cita Rasa Makanan Khas Pulau Dewata
29 Desember 2013 | dilihat: 3212 kali | komentar: 1

Iklimnya yang tropis, kota yang penuh dengan eksotika budaya dan keramahan masyarakatnya, membuat Bali bagai magnet yang kuat bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sejuta pesona Pulau Dewata masih membuat para pengunjung penasaran untuk lebih menyelami keindahannya. Selain pemandangan alam yang mempesona, Bali juga menyimpan ragam kuliner khas yang tidak ditemukan di tempat lain. Belum lengkap rasanya jika kita belum bahas Ayam Betutu dengan keunggulan rasanya. Dan jajanan kue basah yang disajikan di pagi hari sebagai teman minum kopi atau teh hangat. Yuk kita intip beberapa makanan khas Bali.

KENIKMATAN AYAM BETUTU PEDASNYA SERASA MEMBAKAR

 
Berbicara mengenai kuliner khas Bali, tentunya tak akan asing dengan  nama Ayam Betutu. Rasa dan aroma Ayam Betutu sangat khas karena kuah  yang penuh rempah dan rasa pedas yang seakan membakar lidah. Sensasi rasa  dari gurihnya santan kelapa beraromakan sereh yang memberikan  kenikmatan menggiurkan rasa dimulut kita. Ayam yang telah dibakar dan  digoreng dengan aneka bumbu membuat ayam menjadi renyah, lembut dilidah dan  rasa pedas yang akan membuat ketagihan dan tak ragu untuk mencoba saat ini juga. 

Jaja Bali

Ternyata lidah orang Bali cukup akrab dengan rasa manis, selain rasa pedas yang selam ini kita tahu. Terbukti dari salah satu kue basah khas pulau dewata yang cukup populer bagi masyarakatnya, yaitu Jaja Bali. Jaja Bali adalah kue tradisional Bali yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan tepung beras dan sedikit tepung kanji. Teksturnya sedikit kenyal, hampir mirip dengan candil dari Jawa.

Jaja Bali bermacam-macam bentuknya, ada yang seperti bubur candil, kelepon, kue lepet, bahkan kue pisang. Isinya pun bermacam-macam, mulai dari kelapa, pisang, gula merah, atau tidak ada isinya sama sekali. Namanya pun juga variatif, seperti jaja laklak, jaja pisang, jaja lukis, jaja klepon, jaja batun tuki, jaja uli, jaja bantal, jaja sumping, jaja piling-piling, jaja sirat, jaja timus, jaja kukus, dan jaja cerorot. Salah satu yang unik adalah jaja cerorot, bentuknya mirip seperti terompet, dibungkus dengan daun janur yang melilit setiap bagiannya, agak mirip dengan kue lepet.

Anda dapat dengan mudah menemukan kue manis ini di semua pasar tradisional di Bali. Harga yang ditawarkan para pedagang pun terbilang murah, rata-rata sekitar Rp 500 per buah. Dengan harga yang sangat murah, lidah Anda sudah dimanja dengan cita rasa manis ala Bali.

Sate Susu

Jika selama ini Anda mendengar sate umumnya terbuat dari daging sapi, kambing, atau ayam, berbeda dengan sate yang satu ini. Bukan berarti sate susu terbuat dari perahan susu sapi, tetapi sate susu adalah salah satu panganan yang terbuat dari bahan utama daging kantung susu sapi yang dimasak, diiris kecil-kecil dan diberi bumbu ragi, kemudian dibakar diatas tungku.Sama seperti sate yang berasal dari Jawa, potongan sate susu juga ditusuk satu per satu dengan batangan bamboo. Namun, cita rasa yang dihasilkan berbeda karena bumbu pelengkapnya pun berbeda. Penyajiannya juga tidak menggunakan bumbu kacang, melainkan disajikan dengan sambal tomat.

Makanan khas kampung Jawa di Bali ini cukup populer di kalangan warga muslim pulau dewata. Jangan heran jika kuliner Bali ini akan menjadi buruan utama ketika bulan puasa di Bali, karena memang dipercaya mampu memberi tenaga tambahan ketika menjalani ibadah puasa. Jadi saat anda sedang berada di bali dan bertepatan dengan bulan ramadan maka tidak ada salahnya anda ke kampung jawa dan menikmati kuliner unik ini. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak jika ingin mencicipi sate ini. Per tusuknya biasa dijual seharga Rp 1.000 hingga Rp 2.000 saja


Komentar
alinazir75
07 Januari 2014
Hallooooo

Tuliskan Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
*Max : 255 Karakter
 
*Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar di atas.
 
 
 
Follow us on






Download Majalah JulietMagz
Edisi November-Desember 2016

Download gratis majalah JulieteMagz Edisi November-Desember 2016


Copyright © 2013, www.julietemagz.com