Hari dan Tanggal : Rabu, 17 Januari 2018
Mencegah Cara Ampuh Lawan Penyakit Ginjal Kronik
16 Oktober 2017 | dilihat: 50 kali | komentar: 0

JulieteMagz.com Sebuah acara peringatan hasil inisiatif bersama dari International Society of Nephrology dan International Federation of Kidney Foundations yang berfokus untuk meningkatkan kesehatan ginjal serta mengurangi kejadian dan dampak penyakit ginjal di seluruh dunia. Memasuki tahun ke-12, peringatan Hari Ginjal Sedunia kali ini mengangkat tema “Penyakit Ginjal dan Obesitas”.

Menurut statistik terbaru dari WHO, pada 2014, prevalensi obesitas di dunia telah mencapai lebih dari dua kali lipat dari tahun 1980. Sekitar 600 juta orang dewasa di dunia menderita obesitas, sementara anak-anak di bawah 5 tahun yang mempunyai berat badan berlebih dan obesitas mencapai 41 juta orang. Tingginya jumlah penderita obesitas ini menunjukkan tingginya potensi penderita Penyakit Ginjal Kronik (PGK) di masa depan.

Fresenius Medical Care Indonesia bekerjasama dengan cabang-cabang PERNEFRI di daerah dan rumah sakit di beberapa kota besar untuk melakukan lebih dari 10 aktivitas edukasi. H. Zamhir Setiawan, M.Epid, Kepala Sub Direktorat Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Kementrian Kesehatan RI.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Fresenius Medical Care Indonesia untuk berperan aktif mengedukasi masyarakat dan tenaga kesehatan tentang gaya hidup sehat untuk kesehatan ginjal. Untuk ke depannya, kami juga mengajak berbagai pihak dari sektor swasta untuk berpartisipasi aktif mengadakan program edukasi kesehatan ginjal sehingga dapat membantu mengurangi faktor-faktor risiko Penyakit Ginjal Kronik,” jelasnya saat jumpa press didaerah Menteng, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Salah satu langkah utama untuk menghindari Penyakit Ginjal Kronik adalah dengan mencegah obesitas dan menurunkan berat badan. Cara yang paling efektif adalah menjalani gaya hidup sehat dan menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga teratur, banyak beraktivitas fisik, dan pola makan yang sehat.

Ditambahkan oleh dr. Csaba Kovesdy, Profesor Nefrologi dari University of Tennessee Health Science Center, Memphis, TN, AS dan Kepala Nefrologi di Memphis Veterans Affairs Medical Center.

"Cara terbaik untuk melawan penyakit ginjal kronis adalah pencegahan, oleh karena itu penting untuk mengidentifikasi dan mengobati semua faktor risiko penyebab yang mungkin, seperti obesitas. Obesitas bisa dicegah dan diobati, tapi membalikkan arusnya akan membutuhkan upaya bersama bukan hanya dari penyedia layanan kesehatan, tetapi dari seluruh masyarakat," tutupnya.



Tuliskan Komentar
Nama:
Email:
Komentar:
*Max : 255 Karakter
 
*Silahkan mengisi kode pengaman yang sesuai dengan gambar di atas.
 
 
 
Follow us on






Download Majalah JulietMagz
Edisi November-Desember 2016

Download gratis majalah JulieteMagz Edisi November-Desember 2016


Copyright © 2013, www.julietemagz.com