Connect with us

WOMEN ZONE

Fakta Seputar Kontrasepsi IUD

Ada baiknya kala ingin berpikir untuk memasang alat kontrasepsi dikomunikasikan dengan para ahlinya.

Published

on

Fakta Seputar Kontrasepsi IUD
Ilustrasi IUD. FOTO : andalan

JulieteMagz.com – Beberapa pilihan alat KB memang membuat sebagian besar para pasangan binggung untuk memilih mana yang baik dan aman dalam jangka panjang. Bertanya dan mendapatkan beberapa info positif dan negatif pun menjadi pengetahuan.

Seperti halnya dengan alat kontrasepsi IUD (Intra-Uterine Device), bisa menjadi pilihan bagi pasangan untuk menunda kehamilan. Namun alat kontrasepsi yang berbentuk seperti hurif “T” ini pun banyak menuai pertanyaan bagi sebagian masyarakat akan keamanannya.

Menurut Dr. Tirsa Verani, Sp.OG menerangkan tantang IUD, memang banyak sekali suara negatif yang berkembang akan alat kontrasepsi IUD. Sakit saat pemasangan, berpindah tempat, membuat tidak subur lagi dan masih banyak lagi.

“Ada baiknya kala ingin berpikir untuk memasang alat kontrasepsi dikomunikasikan dengan para ahlinya, missal dokter kandungan atau bidan. Sakit saat pemasangan itu relatif, makanya ada waktu yang tepat dalam memasang IUD, dianjurkan saat haid atau masa nifas, karena saat itu otot rahim cenderung lebih lunak dan kondisi rahim sedikit lebih terbuka,” jelasnya.

Ditambahkan olehnya “Alat ini pun baik digunakan pasca melahirkan, karena tidak mempanguruhi produksi ASI. Karena tidak mengandung hormon IUD yang mengandung hormon progesterone saja juga tidak akan menganggu produksi ASI. Terlebih kesuburan terap baik dan bila ingin hamil mereka bisa melepasnya. Jadi jangan takut pasangan IUD,” tutup dr. Tirsa. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved