Connect with us

BODY & SOUL

Generasi Muda Berpotensi Idap PTM.???

Teknologi telah mengubah pola hidup dan tantangan yang dihadapi generasi saat ini.

Published

on

Generasi Muda Berpotensi Idap PTM.???
Ilustrasi Berolaharaga. FOTO : Collactive

JulieteMagz.com – Hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index di 2014 menemukan bahwa, masyarakat di Asia termasuk Indonesia, berpotensi untuk masuk dalam kategori “Generasi O”. Seiring dengan gaya hidup masyarakat khususnya generasi muda, yang cenderung menjalani pola hidup tidak teratur, mengabaikan asupan makanan yang baik, jarang olahraga serta mendapat tekanan dari berbagai pihak.

Padahal generasi muda Indonesia memiliki potensi yang besar untuk meraih berbagai target yang mereka tetapkan, dan berkontribusi pada kemajuan bangsa. Index di 2016/17 mencatat bahwa sebagian besar generasi muda Indonesia belum rutin berolahraga (51%), tidur kurang dari 6 jam per hari (34%) serta memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat (32%).

Penduduk Indonesia yang mengatakan bahwa mereka merokok lebih dari satu kali per hari juga cenderung lebih tinggi persentasenya dibanding dengan negara lain. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memicu kemungkinan timbulnya berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM).

Menurut Dwi Sutarjantono, Pengamat Gaya Hidup menjelaskan, teknologi telah mengubah pola hidup dan tantangan yang dihadapi generasi saat ini, yang bahkan tidak ditemukan pada generasi sebelumnya.

“Namun di sisi lain, semangat ini membawa mereka pada kondisi kelelahan secara mental maupun fisik. Belum lagi persaingan yang semakin keras, serta permasalahan identitas yang kerap dialami akibat berkembangnya media sosial. Dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi, generasi ini cenderung memilih cara instan untuk menyelesaikan masalah,” jelasnya.

Ditambahkan olehnya, beberapa contohnya. “Bekerja hingga larut, mengonsumsi makanan cepat saji, serta menyibukkan diri dengan gadget yang tanpa disadari pada akhirnya justru berakibat pada munculnya berbagai masalah baru, utamanya di bidang kesehatan. Sejatinya pemahaman mereka akan pentingnya pola hidup sehat sudah cukup baik, namun sayangnya hal ini belum diimbangi dengan perbuatan dan komitmen yang nyata.”

Pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utama timbulnya berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM), diabetes misalnya. Padahal, penyakit tidak menular sesungguhnya dapat dicegah dengan mengendalikan berbagai faktor risiko, salah satunya dengan rutin melakukan aktivitas fisik.

Tidak jauh berbeda pendapat yang sama juga diutarakan oleh Dr. Grace Joselini, Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018. Meluangkan waktu minimal 30 menit per hari untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang dapat membantu menjaga kesehatan secara umum.

“Sebagai langkah awal, olahraga basic seperti jalan cepat, jogging, serta lari dapat dijadikan pilihan tepat. Selain mudah dilakukan, olahraga lari khususnya juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina, menurunkan risiko mengidap penyakit, meningkatkan metabolisme tubuh, hingga membantu melepaskan hormon endorfin, yang membuat perasaan menjadi lebih rileks. Di sisi lain, lari dan gaya hidup sehat tengah menjadi tren tersendiri, yang tentunya baik untuk diterapkan dan perlu diiringi dengan komitmen berkelanjutan,” ungkapnya. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved