Connect with us

WHAT'S ON

ID Creative Week, Wadah Insan Kreatif Indonesia

ID Creative Week adalah langkah nyata untuk mendukung bisnis industri kreatif di Indonesia.

Published

on

ID Creative Week, Wadah Insan Kreatif Indonesia
Konferensi Pers Peluncuran Program ID Creative Week. FOTO : Istimewa

JulieteMagz.com – Jakarta, 19 September 2018. Bukan rahasia bagi industri kreatif, bahwa keikutsertaan sebuah label dalam salah satu ajang seperti Jakarta Fashion Week, Brightspot, dan IdeaFest merupakan sebuah prestasi tersendiri. Sebuah kesan yang bukan didapat dalam waktu satu malam, ketiga ajang ini sudah malang melintang selama lebih dari setengah dekade.

Jakarta Fashion Week menginjak tahun ke-11, Brightspot merayakan tahun ke-9, sedangkan IdeaFest memasuki tahun ke-7 dengan
penyelenggaraannya yang ke-5. Tahun ini, ketiga titan ini bersinergi menciptakan wadah yang menaungi insan kreatif Indonesia secara lebihkomprehensif.

Jika digabungkan, setiap tahunnya ketiga ajang ini mengumpulkan nyaris 110.000 pengunjung dan 700 pelaku industri kreatif dalam 250 segmen acara, serta melibatkan lebih dari 1250 awak media nasional dan internasional. Belum lagi didukung aset situs resmi dan media sosial ketiganya yang setia dikunjungi, setidaknya 500.000 pasang mata akan menyaksikan ID Creative Week melalui situs resmi, Instagram, Twitter, dan Facebook ketiga ajang pendirinya.

“Kami memiliki segmen yang saling bersinggungan, tidak hanya dari segi pengunjung, tapi juga pengisi acaranya sendiri. Meski demikian, dengan kemasan dan agenda yang berbeda, yang tercipta bukan kompetisi, tapi justru sebuah ekosistem yang saling berkesinambungan. Dari situ kami menemukan pemikiran yang sama, untuk semakin mempromosikan industri kreatif, maka kami bahu membahu untuk menciptakan dampak yang lebih besar. Dari pemikiran kolaboratif itulah, ID Creative Week lahir,” ungkap Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week.

Sejak meluncurkan program Indonesia Fashion Forward di tahun 2012, ajang ini semakin mantap menyalurkan bakat-bakat nasional ke panggung global, dan menyediakan inspirasi dari desainer internasional untuk skena mode nusantara. “Dengan spirit yang sama, ID Creative Week adalah langkah nyata untuk mendukung bisnis industri kreatif di Indonesia. Brightspot adalah sebuah perayaan untuk individu-individu yang telah mempunyai keberanian merealisasikan impian mereka jadi sebuah output kreatif yang akhirnya membantu merubah kultur kontemporer di negara kita,” ujar Anton Wirjono, Founder Brightspot.

Ditambahkan olehnya. “Hal ini juga yang menjadi tema Brightspot tahun ini ‘Imaginarium’ dengan imajinasi kita bisa berkreasi, dan kreatifitas adalah sebuah komoditi berharga dan unik. Kita juga percaya bahwa berkolaborasi selalu membawa hasil yg lebih. Nilai-nilai ini juga melekat di Jakarta Fashion Week dan IdeaFest. Dengan ID Creative Week, saya berharap berita mengenai kreatifitas dari Indonesia bisa bergaung di seluruh dunia.”

IdeaFest, sesuai dengan tajuk ajangnya, menyediakan platform untuk pertukaran ide. Agendanya diwarnai dengan puluhan kelas,
seminar, dan diskusi menarik terkait industri kreatif dan perkembangan teknologi yang terkait. “Melalui kolaborasi, tentunya ini menjadi ajang terbesar bagi industri kreatif, dan kami terbuka untuk siapa pun yang ingin turut memajukan kreativitas bangsa. Salah satu harapannya adalah untuk mengundang lebih banyak tamu internasional, baik untuk bekerjasama, menanamkan investasi, sampai sekedar mengenal ide-ide kreatif anak bangsa,” pungkasnya.

ID Creative Week tahun ini akan dimulai dengan Jakarta Fashion Week yang dibuka tanggal 20 Oktober 2018, disusul dengan Brightspot ditanggal 25 Oktober 2018, dan IdeaFest di tanggal 26 Oktober 2018. Agenda acara yang saling bersinggungan ini didukung dengan lokasi acara yang terbilang dekat, Jakarta Fashion Week di Senayan City, Brightspot di Pacific Place, dan IdeaFest di Jakarta Convention Center. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − three =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved