Connect with us

WOMEN ZONE

IUD Alat Kontrasepsi Aman Tepat Untuk Wanita.???

IUD dapat membuat wanita merasa lebih nyaman dan aman.

Published

on

IUD Alat Kontrasepsi Aman Tepat Untuk Wanita.???
Ilustrasi IUD. FOTO : andalan

JulieteMagz.com – Pengetahuan wanita Indonesia mengenai IUD (Intra-Uterine Device) sebagai salah satu pilihan metode kontrasepsi yang efektif untuk merencanakan keluarga terbilang cukup tinggi, yaitu sekitar 79,2 persen. Namun, tingginya pengetahuan tersebut tidak diimbangi dengan tingginya angka pengguna IUD di Indonesia.

Terbukti, hanya sekitar 5 persen wanita di Indonesia yang menggunakan IUD untuk metode perencanaan keluarga. Mitos dan miskonsepsi yang salah terhadap alat kontrasepsi ini menjadi penyebab utama masih banyak wanita yang ragu-ragu menggunakan IUD.

Ditemui dalam acara Influencer Gathering #SaatnyaAndalkanIUD beberapa waktu lalu, Norina Veronica selaku Product Manager Kontrasepsi Andalan mengungkapkan “IUD merupakan salah satu metode KB terbaik yang dapat digunakan untuk merencanakan keluarga, karena efektivitas, keamanan serta kenyamanannya. Tapi banyak wanita Indonesia yang ragu-ragu menggunakan IUD karena termakan mitos serta miskonsepsi yang beredar.”

Di sisi lain, dr. Tirsa Verani, Sp.OG dari Rumah Sakit Brawijaya Antasari mengungkapkan IUD merupakan alat kontrasepsi jangka panjang yang memiliki tingkat efektivitas tinggi sebanyak 99 persen.

“Tidak hanya itu, menggunakan IUD dapat membuat wanita merasa lebih nyaman dan aman, karena kontrasepsi ini memiliki rentang waktu yang lama mulai dari 3, 5, bahkan hingga 10 tahun. IUD juga bisa digunakan oleh Ibu menyusui dan tidak mengganggu kesuburan,” jelasnya.

Ditambahkan dr. Tirsa. Lantas jika ingin momongan apa harus menunggu hingga masa perlindungan IUD habis. “IUD boleh dilepas kapan saja sebelum masa perlindungan habis. Jika pasangan memutuskan untuk hamil saat sedang dalam masa perlindungan, IUD bisa dilepas dan bisa hamil setelahnya, karena IUD tidak mengganggu kesuburan. Supaya lebih nyaman saat pelepasannya, sebaiknya IUD dilepas saat menstruasi. Karena saat ini mulut rahim sedikit terbuka dan otot-otot vagina dalam kondisi lemas.” AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 12 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved