Connect with us

KIDS ZONE

Menitipkan Buah Hati Pada Orang Tua Baik Tidak.???

Sebetulnya tidak ada salahnya menitipkan buah hati kita kepada sang kakek dan nenek.

Avatar

Published

on

Menitipkan Buah Hati Pada Orang Tua Baik Tidak.???
Ilustrasi Buah Hati. FOTO : planetradio

JulieteMagz.com – Kebutuhan akan kehidupan memang menjadi salah satu faktor kenapa orang berkerja, terlebih bagi mereka yang sudah memiliki keluarga dan bahkan buah hati tentunya membuat kebutuhan akan keuangan terus meningkat. Permasalahan ini pun menjadi permasalahan yang membuat para istri berinisiatif untuk membantu keuangan keluarga dengan cara mencari perkerjaan.

Namun memang tidak sedikit pula para wanita yang memilih untuk berkerja di luar rumah ketimbang berkerja di rumah dan menggurus anak. Urusan siapa yang mengurus anak ketika kedua orang tau berkerja, mungkin akan dijawab dengan mudah oleh para orang tua, seperti baby sitter ataupun membinta bantuan kepada anggota keluarga (kakek nenek) dan memberikan sedikit memberi umpah kepada keluarganya.

Sebagai seorang wanita yang bertanggung jawab akan tugas sebagai seorang istri dan bertanggung jawab kepada anak-anaknya, tentunya anda harus mensiasati semuanya dengan baik agar kehidupan yang diinginkan sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Bagi Ratih Zulhaqqi, M, Psi, psikolog dari Fakultas Psikologi UI Depok. Sebetulnya tidak ada salahnya menitipkan buah hati kita kepada sang kakek dan nenek, bila diikatkan dengan emosional hubungan antara cucu dan kakek neneknya sudah terjalin, layaknya orang tua pada anak.

“Ketika si anak cocok dan mau untuk dititipkan kepada kakek neneknya, sebaiknya Anda sebagai orang tua harus memberikan filter yang cukup kepada anak. Karena pola tumbuh kembangan anak itu masih memerlukan peran orang tua kandung, jadi bila si anak nantinya lebih senang dan nyaman bersama kakek neneknya jangan salahkan si anak, toh orang tua lupa akan tugasnya kepada buah hatinya,” jelas Ratih.

Menitipkan anak kepada siapapun ada kalanya memiliki kendala, entah karena aturan yang diberikan kakek neneknya terlalu keras pada sang cucu ataupun sebaliknya. Untuk menghindari kendala tersebut terjadi, tentunya harus ada komunikasi dan kordinasi yang baik antara orang tua anak kepada seseorang yang dipercaya menitipkan si anak.

Hal ini dikarenakan pola didik ataupun pola asuh yang dimiliki masing-masing orang tentunya berbeda-beda, bila si anak diasuh dengan dua hal yang berbeda tentunya akan membuat psikologi si anak terganggu. “Sebaiknya harus ditentukan dahulu aturan siapa yang akan dijalankan oleh si anak nantinya,” ungkap Ratih. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + eighteen =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved