Connect with us

BODY & SOUL

Mie Sagu, Lebih Menyehatkan Ketimbang Mie Pada Umumnya.???

Avatar

Published

on

Mie Sagu, Lebih Menyehatkan Ketimbang Mie Pada Umumnya.???

JulieteMagz.com – Dari sisi kesehatan, mie sagu memiliki keunggulan dibanding mie terigu karena mengandung resistant starch (RS). RS adalah fraksi pati tidak tercerna yang secara fisiologis berfungsi seperti serat makanan, sehingga baik bagi kesehatan usus dan sebagai prebiotik. Kadar RS miee sagu sekitar 3-4 kali dari RS dalam miee instan dari terigu. Mengkonsumsi mie sagu juga tidak akan menimbulkan lonjakan kadar glukosa dalam darah sehingga aman bagi penderita diabetes melitus.

Masyarakat yang mengkonsumsi sagu jarang terkena penyakit diabetes. Secara empiris, penderita diabetes di Maluku relative kecil terutama di daerah penghasil sagu. Bagi mereka yang menkonsumsi sagu secara teratur, maka pencernaannya juga menjadi lebih baik kaena makanan lebih mudah dicerna oleh bakteri usus.

Lantas apa saja manfaat mie sagu bagi kesehatan tubuh kita, beriku ini diantaranya :

1. Sumber Makanan Yang Menyehatkan.

Mengkonsumsi sagu lebih sehat jika dibandingkan beras. Selain dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat, ternyata sagu merupakan salah satu sumber makanan pokok yang menyehatkan. Beras terbukti kurang sehat apabila dimakan terlalu banyak. Mayoritas masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi nasi sering mengalami sakit.

2. Mencegah Risiko Kanker Usus.

Mengkonsumsi sagu secara rutin dapat mencegah risiko terkena kanker usus. Hal ini tentunya terkait karena pati sagu mempunyai sifat resisten terhadap enzim dan mikrobia. Potensi pati sagu sebagai pati resisten yang dapat mencegah resiko terkena kanker usus, karena tidak di cerna oleh usus halus melainkan difermentasi oleh bakteri di kolon.

3. Mencegah Obesitas.

Sagu termasuk bahan pangan dengan indeks glikemik rendah sehingga aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Karena memiliki indeks glikemik rendah, sagu cepat mengenyangkan dan tahan lama tapi tidak menyebabkan obesitas atau kegemukan. Ini merupakan salah satu menu diet yang menyehatkan.

4. Mencegah Sembelit.

Mengkonsumsi sagu secara rutin dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, rutin mengkonsumsi makanan pokok di daerah Indonesia bagian timur ini dapat membantu untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan di bagian pencernaan.

5. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi.

Sagu mengandung fosfor sebanyak 13 mg. Kekurangan mineral fosfor di dalam tubuh dapat menyebabkan tulang keropos atau yang dikenal dengan osteoporosis. Selain itu, mineral fosfor menjadi salah satu komponen yang penting dalam menyusun struktur tulang dan gigi agar tetap sehat dan kuat. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 2 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved