Connect with us

WOMEN ZONE

Pasangan Meninggal Dunia, Apa Si Dampaknya.???

Ketika seseorang ditinggal oleh pasangan dengan kondisi meninggal dunia, biasanya akan muncul berbagai reaksi-reaksi psikologis .

Published

on

Pasangan Meninggal Dunia, Apa Si Dampaknya.???
Bungan Mawar Merah. FOTO : pixels

JulieteMagz.com – Suami istri, ya begitulah status yang akan disanding seseorang yang telah resmi menikah. Menjalani setiap proses kehidupan berumah tangga tentunya akan semakin menguatkan hubungan pasangan satu sama lain. Tidak juga bagi mereka pasangan yang sudah lama menjalin hubungan dan melewati setiap cobaan yang diberikan oleh Tuhan, pasti akan membuat masing-masing pasangan sulit untuk dipisahkan satu sama lain.

Namun bagaimana bila perpisahan tersebut disebabkan oleh kematian, hal ini pasti akan sulit untuk anda terima dan akan merasa kehilangan sosok yang dicintai. Menurut Ahastari Nataliza, B. A in Psyc, M. Psi, Psikolog. Ketika seseorang ditinggal oleh pasangan dengan kondisi meninggal dunia, biasanya akan muncul berbagai reaksi-reaksi psikologis sebagai bentuk dari ekspresi rasa berduka.

“Dampak psikologis ini bisa muncul dalam bentuk reaksi emosional yaitu munculnya pergejolakan emosi yang kuat seperti perasaan sedih, marah, tidak berdaya, takut, cemas, menderita, bersalah, menyesal, ataupun kesal,” jelasnya.

DItambahkan olehnya Selain itu, dampak psikologis yang dialami juga bisa mencakup aspek kognitif seperti adanya kebingungan, ketidakpercayaan akan peristiwa kematian. “Ketergantungan pada kenangan tentang pasangan yang sudah meninggal, pemikiran-pemikiran lain dalam bentuk penawaran sebagai tanda ketidakpenerimaaan terhadap kematian pasangannya. Reaksi-reaksi ini merupakan sesuatu respons yang normal pada intensitas dan durasi tertentu,” terang Liza.

Perasaan sedih saat ditinggal oleh seorang pujaan hati pasti akan memberikan luka mendalam bagi yang ditinggalkan. Perasaan kehilangan, bersalah, kesepian, panik, kekacauan jiwa dan bahkan marah dengan apa yang telah terjadi kepada dirinya, membuat orang tersebut menyalahkan Tuhan yang tidak adil terhadap dirinya.

“Menyalahkan pihak-pihak tertentu sebagai penyebab kematian dan hancurnya kehidupan seseorang merupakan bagian dari fase kedukaan. Dalam kondisi berduka, seseorang akan melewati beberapa fase umum, yaitu biasanya diawali dengan perasaan terkejut, lalu penyangkalan bahwa kematian pasangannya tersebut tidak benar, kemudian kemarahan di mana seseorang yang masih belum menerima kematian mulai menyalahkan semua pihak yang menyebabkan kematian itu terjadi,” tutup Liza. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 1 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved