Connect with us

KIDS ZONE

Penanganan Tepat Anak Alergi Susu Formula

Tidak semua buah hati cocok akan kandungan yang terdapat pada susu formula.

Avatar

Published

on

Penanganan Tepat Anak Alergi Susu
Ilustrasi Anak Meminum Susu Formula. FOTO : nu.co.uk

JulieteMagz.com – Sebagai orang tua yang selalu memberikan kasih sayang kepada buah hati, tentunnya apapun akan Anda lakukan demi menyenangkan hatinya. Hal serupa saat sang ibu memberikan ASI kepada anaknya, rasa bahagia memberikan yang terbaik kepada sang buah hati pastinya akan membuat senang.

Namun kesenangan saat memberikan ASI pada buah hati, tidak semuanya berjalan lancar. Tidak banyak juga para ibu yang mengurunkan niatnya untuk memberikan ASI dan merubahnya menjadi susu formula.

Tidak semua buah hati cocok akan kandungan yang terdapat pada susu formula, salah satu yang sering terjadi adalah alergi. Umumnya alergi terjadi dua macam. Alergi yang pertama adalah alergi yang memiliki reaksi seketika ketika si anak mengkonsumsi susu tersebut, seperti timbul merah-merah pada kulit si anak dan bahkan tubuh pada bagian tertentu anak akan lebem.

Sedangkan ciri alergi yang kedua adalah tidak memiliki dampak yang dapat dilihat oleh kasat mata mengkonsumsi susu, dengan kata lain efek atau reaksi yang ditimbulkan oleh susu bisa memakan waktu, yang mengakibatkan berat badan si anak berkurang dikarenakan buang-buang air ataupun mengalamai gangguan pada organ pernapasan yang mengakibatkan sesak nafas.

Menurut dr. Fajar Subroto Sp. A. Efek yang ditimbulkan kurang lebih seperti itu, di mana ada yang menimbulkan efek cepat (pada organ mulut timbul merah-merah) ataupun jangka waktu panjang (batuk dan berdahak yang tak kungkung sehat).

“Jika keduanya sudah dialami oleh anak lakukan tindakan secara cepat, untuk mngetahui si anak benar atau tidak mengalami alergi susu. Dan juga sebaiknya stop untuk sementara pemberian susu tersebut pada anak, sebelum mengetahui yang sebenarnya anak alami,” jelasnya.

Banyak cara untuk mengatasi agar alergi yang ditimbulkan susu formula tidak berkepanjangan. Salah satunya dengan cara selalu memberikan ASI eksklusif kepada buah hati, dan jika ASI tidak keluar sebaiknya memberikan susu yang baik jika dikonsumsi oleh bayi.

“Berikan si anak susu formula yang mengandung hypoallergenic, di mana kandungan tersebut tidak akan menimbulkan efek samping atupun alergi pada anak,” ungkap Fajar.

Susu yang dihidrolisa yang berarti protein yang terdapat pada susu tersebut sudah dipecah ataupun dikecil-kecilkan sehingga memudahkan tubuh si anak untuk mencernanya. “Pilihan terakhir jika si anak tidak mendapatkan asi ataupun susu formula adalah dengan memberikan susu soya sebagai pengantinya, umumnya mereka yang mengalami alergi saat mengkonsumsi susu formula akan baik-baik saja saat mengkonsumsi susu soya,” tutup dr. Fajar. AS.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − fourteen =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved