Connect with us

KIDS ZONE

Pentingnya Golden Age Periode, Bagi Buah Hati

Masa tumbuh kembang anak adalah masa dimana anak menyerap semua kegiatan ke dalam otak. Seperti suara ayah dan ibunya, bahkan lingkungan. Dengan kata lain dalam masa Golden Periode.

Published

on

Golden Age Periode

JulieteMagz.com – Memiliki buah hati yang masih dalam masa pertumbuhan tentu membuat Anda sebagai orang tua memberikan yang terbaik untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya. Guna menunjang tumbuh kembangnya agar sesuai dengan yang diharapkan, asupan makanan dan minuman yang diberikan pun perlu diperhatikan gizinya. Namun ternyata perkembangan buah hati yang baik harus diimbagi dengan stimulasi yang benar.

Bagi pasangan suami istri yang memiliki buah hati, menjaga dan memperhatikan tumbuh kembang anak merupakan prioritas yang penting dan tidak mudah untuk dilakukan. Terlebih bagi mereka para orang tua baru, yang kurang berpengalaman dalam membesarkan dan memperhatikan tumbuh kembang buah hatinya. Menjadi catatan penting bagi orang tua, bahwa tumbuh kembang buah hati yang baik dimulai saat anak berusia 0 hingga 5 tahun.

Golden Age Periode merupakan masa yang sangat penting untuk melihat tumbuh kembang buah hati secara cermat dan tepat. Hal ini dimaksudkan bila terjadi kelainan pada perkembangan buah hati dapat ditangani sedini mungkin, agar tidak terjadi disfungsi permanen. Bagi dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, MARS, organ otak bagi tumbuh kembang anak menjadi memory penting.

“Masa tumbuh kembang anak adalah masa dimana anak menyerap semua kegiatan ke dalam otak. Seperti suara ayah dan ibunya, bahkan lingkungan. Dengan kata lain dalam masa ‘gogolden periode’ ini segala hal yang diajarkan dan dialami langsung oleh anak akan terserap dengan baik ke dalam otak. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memberikan stimulasi dini yang tepat secara aktif agar anak optimal dalam masa perkembangan,” ungkap dr. I Gusti Ayu.

Seperti yang kita ketahui tumbuh kembang anak terdiri dari dua hal yang memiliki fungsi berbeda, namun saling berkaitan dan saling menunjang satu sama lain yaitu pertumbuhan dan perkembangan. “Dimana pertumbuhan lebih bersifat berubahnya suatu ukuran, seperti organ tubuh secara individual ataupun umur (berat badan, ukuran kaki, tinggi badan dll). Sedangkan perkembangan lebih memfokuskan pada bagian sel-sel dalam tubuh, penyusunan saraf dan sistem organ yang berkembang dengan baik sehingga mampu digunakan sebagaimana fungsinya (motorik halus kasar, panca indra, emosi dll),” tambah I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, MARS. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved