Connect with us

WHAT'S ON

Program Holistik, Watannas Percepat Pembangunan Di Papua

Kehadiran tim holistik dari berbagai element semoga mampu mempercepat pembangunan di Papua secara keseluruhan, telebih dari hasil SDA-nya.

Published

on

Letjen Doni Monardo, Berbincang Bersama Perwakilan Di Papua. FOTO : Dok Pribadi

JulieteMagz.com – Guna mempercepat pembangunan kesejahteraan diberbagai daerah, beberapa waktu lalu Dewan Pertahanan Nasional (Setjen Wantannas) yang diprakarsai oleh Letjen Doni Monardo, melaksanakan program holistik di Papua dan Papua Barat.

Bersama dengan rombongan yang terdiri dari akademisi, lembaga dan pelaku usaha. Bertempat di Kantor Gubernur Papua barat, para rombongan program holistik Setjen Wantannas bertatap muka dengan para tokoh Papua Barat, sekaligus membicarakan apa yang menjadi fokus utama dalam program tersebut.

Memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah membuat Letjen Doni Monardo merasa yakin dan berharap dapat mendorong percepatan ditanah Papua dan Papua Barat. “Dengan adanya program holistik ini kami akan terjun langsung, karena selama ini Setjen Wantannas lebih memberikan kajian dalam bentuk tulisan,” jelasnya.

Ditambahkan olehnya. “Kehadiran tim holistik dari berbagai element semoga mampu mempercepat pembangunan di Papua secara keseluruhan, telebih dari hasil SDA-nya. Seperti produksi sagu, buah pala, perikanan dan dunia pariwisata. Yang sebelumnya kami beri nama emas hijau dan emas biru. Kami juga berharap semua pihak bersinergi.”

Rombongan Program Holistik Ke Papua. FOTO : Dok Pribadi

Rombongan Program Holistik Ke Papua. FOTO : Dok Pribadi

Sama seperti yang disampaikan oleh Letjen Doni Manardo. Selaku pihak swasta yang ikut serta dalam program holistik, dr. Juliana Roselin Pateh, yang memiliki usaha dibidang kosmetik ini melihat potensi SDA Papua sangat baik. “Program ini sangat positif bagi masyarakat Papua, NTT dan Maluku. Terlebih para pelaku usaha maupun pemerintah,” ungkapnya.

“Dengan adanya program holistik masyarakat pedalaman yang memiliki potensi alam dengan nilai jual tinggi tidak tahu mau dikelola untuk apa dan dijual kemana, sedangkan bagi pengusaha yang tidak tahu mendapatkan sumber raw matrial dari mana yang biasanya import ternyata semua kita miliki di negara kita. Selain itu akan pelaku usaha pun membantu pemerintah dalam pemasukan dan pendapatan Negara,” tambah dr. Juliana.

Ketika mengikuti program holistik, dirinya pun mengagumi kekayaan alam di Timur Indonesia. Telebih kebutuhan utama dalam memproduksi bahan kosmetik. NTT ternyata banyak pohon neem. Seperti yang kita ketahui pohon neem memiliki manfaat sebagai anti bakteri, anti fungal ataupun anti virus.

“Sehingga dalam dunia kosmetik dapat dimanfaatkan untuk memproduksi obat jerawat yang diolah dalam bentuk cream. Dan juga bisa dibuat shampo guna menghilangkan ketombe, gatal-gatal dan lain-lain. Dan di Papua dan Maluku ada pohon cendana, masoi yang mana bila disuling dapat menjadi bahan untuk membuat parfum,” tutup dr. Juliana. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved