Connect with us

KIDS ZONE

Rawat Gigi Sejak Dini, Bantu Merangsang Pertumbuhan Gigi

Merawat gigi anak itu harus dilakukan sejak dini, walaupun si anak baru tumbuh gigi sejak usia enam bulan.

Published

on

Rawat Gigi Sejak Dini, Bantu Merangsang Pertumbuhan Gigi
Ilustrasi Gigi Anak. FOTO : smilepoint

JulieteMagz.com – Merawat gigi anak merupakan salah satu kegiatan yang jarang diperhatikan oleh orang tua. Terkadang orang tua hanya menganggap dengan sikat gigi dua kali sehari sudah cukup dan kegiatan menyikat gigi dimulai saat si anak sudah memiliki gigi. Namun anggapan tersebut kurang tepat karena, dengan hanya menggosok gigi dua akali sehari saja tidak cukup.

Menurut drg. Jacinta Pipin Sp.KGA dokter gigi anak, merawat gigi anak itu harus dilakukan sejak dini, walaupun si anak baru tumbuh gigi sejak usia enam bulan. “Namun saat anak mulai dilahirkan dan mengkonsumsi ASI sejak itulah anak sudah dirawat kesehatan giginya dengan cara menggunakan kain kasa dan air hangat, lalu dibersihkan rahang atas dan bawahnya dengan pijatan-pijatan halus,” jelas Jacinta Pipin.

Banyak sekali cara untuk merawat gigi anak sejak dini mulai dari membersihkan bagian mulut bayi menggunakan kain kasa yang dibasahi dengan air hangat dan pijit secara berlahan pada bagian dalam mulut, hal ini dilakukan guna merangsang pertumbuhan gigi anak dengan baik.

Bagian lidahnya dan lipatan-lipatan antara gusi dan pipi, di mana daerah ini tempat sembunya bakteri. Kotoran di mulut bayi bisa disebabkan dari beberapa sumber dan yang paling berpengaruh itu adalah pemberian susu ASI maupun susu formula pada bayi. “Susu yang diberikan pada malam hari merupakan salah satu penyebab gigi berlubang atau carries pada gigi, di mana susu yang diberikan hanya menggenang dimulut anak saat malam hari dan itu menyebabkan bakteri berkembang,” terangnya

Ditambahkan olehnya. Saat si anak sudah berusia 2 tahun, anak diajarkan menggosok gigi dengan pasta gigi yang berfloride. “Namun harus dibatasi penggunaan pasta giginya, sedikit saja dan sikat gigi yang digunakan terbuat dari bahan karet yang lembut dan sikat giginya dimasukan kejari si ibu (fingerbrush), alangkah baiknya saat bayi berumur 6 bulan orang tua selalu mengosok gigi setelah makan agar sisah makanan tidak masuk kesela-sela gigi yang dapat merusak gigi si anak,” tutupnya. AS

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − nineteen =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved