Connect with us

WHAT'S ON

Sisi Lain Lukisan Bunga dari Perupa Korea

Lukisan yang dihasilkan Jang Cheol Seok memang tak biasa, lukisan yang satu ini menggambarkan bunga yang terbungkus dengan kertas koran lewat media kanvas.

Published

on

Sebuah lukisan seringkali memberi rangsangan yang luar biasa bagi sebagian penikmat. Kepandaian menafsir, wawasan yang luas, serta kecerdasan dalam menangkap gejala dalam setiap simbol atau objek lukisan adalah kunci penting dalam proses dan hasil akhir dari sebuah apresiasi.

Seniman asal Korea, Jang Cheol Seok, mengajak kalangan pencinta seni untuk menikmati hasil karya lukisan bunga dengan gaya yang berbeda. Hal tersebut, ditampilkan dalam pameran bertajuk Mitologi Bunga dan Koran, yang berlangsung pada 3-10 April 2018 di Masterpiece, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Lukisan yang dihasilkan Jang Cheol Seok memang tak biasa, lukisan yang satu ini menggambarkan bunga yang terbungkus dengan kertas koran lewat media kanvas.

“Sejak kecil, saya telah tertarik melukis keindahan yang dimiliki bunga. Saya sendiri suka mengambil bunga ketika berjalan-jalan dan melukisnya dalam kemasan koran,” ujar Jang Cheol Seok.

Tema yang dihadirkan dalam lukisan-lukisannya bersifat kritik-kritik simbolik, tidak sekedar lukisan alam benda (still-life) yang indah. Meskipun hanya melukis bunga dalam kemasan koran, Seok ingin berbicara banyak hal. Salah satunya ingin memperlihatkan penghormatannya terhadap peristiwa. Rasa hormat Seok dilambangkan dengan seikat bunga. Adapun peristiwa-peristiwanya, dilambangkan oleh koran yang membungkus bunga.

Koran dan bunga bisa jadi pasangan objek yang menyimbolkan peristiwa biasa, misalnya ketika seseorang ingin memberikan perhatian, penghormatan, dan pembuktian rasa cinta.

Kemampuan adaptasi dan ekspresinya terhadap budaya Indonesia menghasilkan lukisan-lukisan yang tak boleh ditafsir secara tunggal. Artinya selama kurun waktu tertentu Seok banyak mengalami perjumpaan budaya yang berbeda dan luar biasa. Sehingga objek yang dilukisnya mengenai koran-koran yang beredar di Indonesia: Kompas, Jawa Pos, The Jakarta Post, Radar Jembara, dan lain-lain.

Sementara itu, Presiden Direktur Marterpiece, Benny Raharjo, menyatakan, pameran lukisan ini diharapkan sebagai pembuka pertukaran budaya antara Korsel dan Indonesia.

“Hasil karya Jang Cheol Seok memiliki sesuatu yang berbeda. Lewat kreativitas yang dimilikinya, menjadikan lukisan tersebut terlihat lebih hidup dan menjadi berbeda,” kata Benny

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − three =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved