Connect with us

KIDS ZONE

Suntikan Penyebab Virus Polio Pada Anak.???

Virus polio muncul bukan karena suntikan yang diberikan, tetapi ada faktor lain.

Published

on

Suntikan Penyebab Virus Polio
Ilustrasi Menyuntik Buah Hati. FOTO : ibtul.co

JulieteMagz.com – Sebagai orang tua tentunya akan mengutamakan kebutuhan yang diperlukan oleh buah hati Anda, terlebih masalah kesehatan. Ketika kondisi anak sedang mengalami demam, tentunya orang tua akan melakukan tindakan khusus kepada si anak. Membawa ke dokter ataupun rumah sakit adalah cara terbaik bagi kesembuhan sang buah hati.

Pada kondisi tertentu umumnya para dokter memberikan obat penurun demam melalui lubang dubur, tetapi ada juga beberapa dokter memberikan suntikan atau injeksi untuk menurunkan demam si anak.

Mungkin beberapa dari Anda pernah diingatkan oleh orang tua, untuk tidak menyuntik sang buah hati ketika demam. Beberapa orang berpendapat memberikan suntikan saat demam akan menyebabkan polio yang berakibat si anak menderita kelumpuhan dan bahkan kematian.

Beberapa cerita cerita pun santar terdengar, bahwa kasus terjadinya kelumpuhan pada anak diawali, karena demam tinggi dan penanganan yang dilakukan oleh dokter untuk menurunkan demam dengan cara memberikan suntikan.

Menurut dr. Hindra Irawan Satari, SpA,. Mengaku pernah mendengar tentang kasus tersebut. “Tidak ada hubunganya antara suntikan dengan kelumpuhan pada anak, suntikan tidak menyebabkan kelumpuhan pada anak,” jelas dr. Hindra.

Ditambahkan oleh dr. Hindra, virus polio memang dapat menyebabkan kelumpuhan, tetapi persentasenya hanya 0,3% dari seluruh penyakit polio. “Memang gejala anak yang terserang polio itu demam tinggi, batuk, pilek, seperti halnya flu. Tetapi polio muncul bukan karena suntikan yang diberikan, mungkin saja tidak sengaja menelan virus polio dari fase seseorang atau dari udara yang dia hirup.”

Seperti yang kita ketahui virus polio dapat menular melalui kontak antar manusia. Di mana virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut ketika seseorang memakan makanan atau minuman yang terkontaminasi air liur penderita penyakit polio.

Penyakit polio yang diistilahkan oleh para dokter disebut dengan poliomeilitasi adalah penyakit yang menyerang pada kelumpuhan yang dikarenakan virus polio. Di mana virus polio ini juga sangat tahan terhadap alcohol dan lisol, namun peka terhadap larutan klor, penyakit polio sendiri termasuk penyakit yang dapat menular. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved