Connect with us

BODY & SOUL

Umur Sudah Matang Belum Menikah, Bagaimana Menurut Psikolog

Usia matang bukanlah sekedar mengenai angka saja.

Published

on

Umur Sudah Matang Belum Menikah, Bagaimana Menurut Psikolog
Ilustrasi Seseorang Sudah Matang. FOTO : the independent

JulieteMagz.com – Sudah menjadi suratan Tuhan, bahwa setiap manusia memiliki pasangan masing-masing di dunia ini. Namun mencari seorang pasangan hidup memang terbilang tidak mudah bagi kebanyakan orang.

Terlebih bagi mereka yang memiliki kriteria khusus bagi calon pasangan kelak, permasalahan tersebut terbilang menjadi faktor utama bagi sebagian orang belum menikah, padahal usia sudah terbilang matang untuk menikah.

Tidak dipungkiri perkembangan jaman yang semakin berkembang saat ini membuat sebagian orang tidak terlalu mempermasalahkan dan bahkan menomor dua kan urusan untuk memiliki pasangan atau menikah. Padahal orang tersebut sudah memiliki umur yang terbilang matang untuk menikah.

Menurut Angesty Putri A., M. Psi,. Usia matang seseorang harus dipahami terlebih dahulu. “Usia matang bukanlah sekedar mengenai angka saja, kematangan seseorang diantaranya bisa dilihat dari fisik maupun psikologis orang tersebut,” jelas Angesty pada JulieteMagz beberapa waktu lalu

Kematangan fisik, berkaitan dengan kondisi biologis atau ketubuhan seseorang, yang umumnya mulai dialami ketika masa remaja atau saat pubertas. Kematangan fisik juga mencakup kesiapan reproduksi seseorang.

“Sementara itu, kematangan psikologis khususnya dalam hal emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan emosi, dapat menyelesaikan masalah, mampu bersikap ataupun mengambil keputusan dan lain-lain. Jadi, tidak semua orang yang sudah berumur 30 tahun ataupun lebih, mampu dan memiliki kematangan dalam segi emosional,” beber Agesty.

Tidak hanya permasalahan kriteria bagi seseorang sulit untuk mencari pasangan hidup, banyak sekali penyebab seseorang belum memiliki seseorang yang special bagi dirinya. Salah satunya adalah soal mengurus keuangan keluarga, di mana orang tersebut memiliki tanggung jawab akan kehidupan keluarganya.

“Banyak sekali sebab akibat seseorang belum menikah, salah satunya memiliki tanggungan untuk menyekolahi adiknya. Dengan begitu orang tersebut akan fokus kepada hal tersebut, terlebih orang tua sudah tidak berkerja, tentunya orang tersebut akan menunda terlebih dahulu keinginan untuk segera menikah,” terang Angesty. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved