Connect with us

BODY & SOUL

Waspada Dehidrasi Saat Berpuasa

Avatar

Published

on

Waspada Dehidrasi Saat Berpuasa
Ilustrasi Seseorang Terkena Dehidrasi. FOTO : bolalob

JulieteMagz.com -Menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan bagi umat muslim adalah suatu kewajiban yang wajib dilakukan setiap satu tahun sekali. Menahan rasa lapar dan haus selama sehari penuh tentunnya membuat tubuh terasa lemas, hingga merasa malas untuk menjalankan rutinitas seperti biasa.

Penurunan semangat saat menjalankan puasa konon memang sering terjadi, hal ini dikarenakan tubuh kurang mendapatkan asupan yang cukup untuk beraktivitas. Terlebih rasa haus yang memang menjadi salah satu faktor tubuh terasa lemas, di mana selama kurang lebih sepuluh jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang dibutuhkan.

Seperti yang kita ketahui 70% tubuh manusia terdiri dari cairan, sehingga kita harus menjaga kondisi tubuh tetap menerima asupan cairan yang cukup dan terhindar dari dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa. Berikut beberapa tips bagi anda, agar terhindar dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa :

1.Kurangi Aktivitas Luar Ruangan.

Bagi anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, cobalah mengurangi aktivitas anda selama bulan puasa, hal ini dikarenakan seringnya melakukan aktivitas di luar ruangan dan ditambah cuaca yang cukup panas, akan berdampak tubuh kekurangan banyak cairan. Secara tidak langsung akan membuat tubuh dehidarasi dan membuat tubuh anda terasa lemas.

2.Konsumsi Buah Saat Sahur Dan Berbuka.

Selama menjalankan ibadah puasa cobalah mengkonsumsi makanan yang tidak sering anda makan, terlebih buah yang mengandung banyak cairan. Karena dengan sering anda konsumsi buah yang banyak mengandung cairan sebelum anda berpuasa dan setelah berpuasa akan mencegah anda dari dehidrasi, plus membuat tubuh anda lebih bugar untuk menjalankan puasa.

3.Kurangi Konsumsi Kafein.

Catatan bagi pengemar kopi, teh ataupuan minuman bersoda, sebaiknya kurangin konsumsi minuman kegemaran anda saat menjalankan ibadah puasa. Konon minuman yang cenderung berwarna dan mengandung kafein dapat meningkatkan reproduksi air seni, sehingga tubuh anda akan kehilangan cairan yang dibuang oleh air seni tersebut. Sebaiknya banyak minum air putih saat menjalankan puasa dengan begitu tubuh siap untuk menjalankan ibadah puasa sehari penuh.

4.Tambahkan Potongan Lemon Dalam Minuman.

Apakah anda seorang yang tidak terlalu senang mengkonsumsi air putih, mungkin cara satu ini dapat anda lakukan dan dapat membantu anda agar dapat mengkonsumi air putih yang cukup saat berpuasa. Mencampurkan beberapa potongan lemon pada air putih yang ingin anda minum akan membuat rasa ambar pada air putih tidak lagi anda rasakan, selain itu air putih akan lebih segar jika diminum.

5.Konsumsi Yoghurt.

Minuman fermentasi yang sering digunakan oleh para wanita untuk menjaga tubuh tetap seksi satu ini ternyata baik dikonsumsi saat kita menjalankan ibadah puasa. Yoghurt yang mengandung 90-85 persen air ini dapat memberikan asupan kalsium, vitamin B-12 dan probioti yang mampu menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari dehidrasi. AS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 3 =

Trending

Copyright Juliete Magazine 2018. All Right Reserved